Bupati Ingatkan Kepala Sekolah Tidak Lakukan Pungli

PONTIANAK, SERUJI.CO.ID – Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali mengingatkan kepada seluruh Kepala Sekolah yang ada di kabupaten itu untuk tidak melakukan pungutan liar pada saat penerimaan siswa pada tahun ajaran baru nanti.

“Untuk itu, saya mengingatkan kepada kepala sekolah agar melaksanakan tugas dengan baik serta harus bisa memastikan tidak ada pungutan liar (Pungli) saat penerimaan siswa baru mendatang,” kata Rusman Ali di Sungai Raya, Sabtu (12/5).

Menurutnya, jika ada kegiatan sekolah di luar kegiatan penerimaan siswa baru yang memang mengharuskan menarik iuran ke siswa, maka sebaiknya hal tersebut dikoordinasikan dulu dengan komite sekolah dan Dinas Pendidikan.

“Saya juga menyarankan agar kepala sekolah bisa melakukan koordinasi Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli (Satgas Saber Pungli) yang ada di kabupaten, jika ada penarikan untuk biaya administrasi dan lainnya,” tuturnya.

Rusman Ali menegaskan, bahwa hal itu sangat penting dilakukan agar persoalan-persoalan pungutan liar di sekolah tidak terjadi.

Dia juga berharap Satgas Saber Pungli menyampaikan secara detil kriteria pungli yang dilarang, sehingga ASN dan masyarakat mengetahuinya.

“Apa-apa saja yang dilarang dan yang dikatakan pungli. Supaya para pejabat dan masyarakat di Kubu Raya benar-benar memahami kriteria pungli,” katanya.

Dalam kesempatan itu, mantan anggota DPR RI ini menegaskan, instansi pelayanan publik di lingkungan Pemerintahan Kubu Raya harus bersih dari praktik pungli. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Penggratisan Suramadu: Memperdalam Kekeliruan Kebijakan Pemerintah

"Kebijakan ini dibangun di atas paradigma benua, bertentangan dengan paradigma kepulauan. Dalam paradigma benua, kapal bukan infrastruktur, tapi jalan dan jembatan. Kapal disamakan dengan truk dan bis," Prof Danie Rosyid.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER