Bupati Gorontalo Ajak Masyarakat Gunakan Medsos dengan Bijak

GORONTALO, SERUJI.CO.ID – Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengajak warga setempat untuk menggunakan media sosial (medsos) dengan bijak, serta tidak sembarangan menyebarkan informasi yang merugikan kepentingan umum.

“Jangan sembarangan membuat status maupun pernyataan di medsos. Jangan sampai berujung fitnah, ujaran kebencian hingga berita bohong atau hoax,” kata Bupati kepada jajaran guru sekolah dasar di Bone Bolango, Kamis (22/3).

Menurutnya, menggunakan medsos dengan salah, hal ini bisa dipidanakan karena ada Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan menjadi repot kalau sudah berurusan dengan masalah hukum.

“Ancaman pidananya itu bisa 4 tahun. Apalagi kalau aparatur sipil negara (ASN), bisa langsung dipecat dari profesinya itu,” tegasnya.

Bupati mengajak warga maupun ASN untuk memanfaatkan medsos maupun informasi teknologi sebagai salah satu wadah pembelajaran, menyampaikan informasi yang benar dan utuh.

Ia berharap untuk belajar buka-buka internet, tapi harus dicerna dan disaring. Karena sebagian informasi di internet tersebut ada informasi sampah atau hoax. Tidak semua menjadi ilmu pengetahuan.

Sebelumnya juga, Direktur Jenderal Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti mengatakan 92,60 persen sumber hoax berasal dari media sosial.

Karena di media sosial kebebasan pers dimanfaatkan orang untuk tujuan-tujuan tertentu, sehingga seolah-olah kebebasan pers adalah bebas-sebebasnya tanpa aturan, tanpa etika sama sekali.

Jadi ia mengharapkan agar semua berita yang ada di medsos untuk disaring, sehingga kebenarannya bisa dicerna mana yang baik atau salah. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.