BPS Maluku Gelar Workshop Cinta Data

0
52
bps
Gedung Badan Pusat Statistik (BPS)

AMBON, SERUJI.CO.ID – Kegiatan Workshop menulis dengan tema cinta data yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku diikuti 64 orang peserta dari berbagai unsur.

Workshop yang digelar Kamis (14/12), diikuti utusan Organisasi Kemasyarakatan (OKP) 20 orang, unsur wartawan 16 orang dari berbagai media cetak maupun elektronik di Kota Ambon, dan dari staf BPS se-Maluku.

Kegiatan yang dibuka Kepala BPS Provinsi Maluku Dumangar Hutauruk menghadirkan dua orang nara sumber masing-masing Dumangar Hutauruk selaku Kepala BPS Provinsi Maluku dan satu lainnya dari Akademisi Universitas Pattimura Ambon yakni Thonny Matitaputty.

Dumangar dalam sambutannya mengatakan, BPS Provinsi Maluku setiap bulan melakukan rilis untuk menyajikan data-data baik itu inflasi/deflasi, nilai tukar petani, kegiatan ekspor dan impor, kegiatan perhotelan ada yang enam bulan sekali terkait data pengangguran, tingkat kemiskinan.

“Ada juga data-data terkait indeks tendensi pertumbuhan ekonomi, bahkan ada yang disampaikan dalam kurang waktu 10 tahun yakni terkait sensus ekonomi,” ujarnya.

Sebenarnya kita di BPS Provinsi, lanjutnya, data-data yang kami sajikan sesuai dengan data outentik yang ada di BPS.

Dia mengatakan, hal yang sama juga di lakukan oleh BPS ditingkat kabupaten dan kota selalu membuka lebar-lebar terkait data-data perkembangan daerah ini, mudah-mudahan dapat dimanfaatkan oleh pengguna data dengan baik.

“Untuk itulah kami dari BPS Provinsi Maluku secara khusus melakukan kegiatan Workshop Menulis dengan tema cinta data, yang nantinya kita harapkan para peserta agar dapat memanfaatkan data-data BPS ini secara baik,” ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, kami sengaja mengundang Akademisi yang sudah cukup terkenal Tonny Matitaputty yang juga seorang penulis untuk menyampaikan materinya.

“Mudah-mudahan kegiatan hari ini juga dapat dipahami dan data-data yang disediakan oleh BPS dapat dimanfaatkan untuk dapat mencerdaskan bangsa,” pungkasnya. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

RUU Antiterorisme Atur Ancaman Teroris Libatkan Anak

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang tentang perubahan UU nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, Dave Laksono mengakui ada pasal...

Persebaya Alami Krisis Lini Belakang

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kesebelasan Persebaya Surabaya mengalami krisis lini belakang saat menghadapi pertandingan "Derby Suramadu" melawan Madura United dalam laga pekan ke-10 Liga 1...
jokowi, joko widodo

RUU Terorisme Disahkan, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

KUNINGAN, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi memberikan tanggapan terkait Peraturan Presiden (Perpres) setelah disahkannya Revisi Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi Undang-Undang. "Perpres akan membahas teknis, hanya...

Pansus: Pemerintah Keluarkan PP Usai RUU Terorisme Disahkan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Panitia Khusus revisi UU nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, Muhammad Syafi'i meminta pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah...

DPR Setujui RUU Terorisme Jadi UU

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Rapat Paripurna DPR pada Jumat (25/5) pagi menyetujui Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas UU nomor 15 tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah...