BI Siapkan Rp3,2 Triliun untuk Penukaran Uang Lebaran

PONTIANAK, SERUJI.CO.ID – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, Prijono mengatakan, pihaknya menyiapkan sebesar Rp3,2 triliun, bagi masyarakat yang akan menukar uang, baik uang kertas dan logam sepanjang Ramadhan dan menjelang Lebaran tahun 2018.

“Hingga saat ini, telah terealisasikan sebanyak Rp1,2 triliun penukaran uang yang dilakukan masyarakat Kalbar,” kata Prijono di Pontianak, Jumat (25/5).

Ia menjelaskan, disiapkan sebesar Rp3,2 triliun itu mengalami peningkatan besar 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp2,8 triliun.

“Kami berharap bagi masyarakat yang akan menukar uang itu tidak harus di mobil kas keliling BI saja, namun penukaran itu dapat dilakukan di bank-bank lain yang terdekat. Saat ini di bank-bank itu sudah terbentang spanduk bertulisakan menerima penukaran uang,” ungkapnya.

Menurut dia, pemasangan spanduk bertuliskan menerima penukaran uang di depan bank-bank itu sudah terpasang satu minggu yang lalu.

“Agar bisa tersebar, kami sedang memperbanyak pembuatan spanduk yang akan di pasang di seluruh bank atau dimana lokasi masyarakat tidak perlu jauh-jauh menukarkan uangnya, cukup hanya mendatangi bank terdekat saja,” katanya.

Ia menambahkan, dari uang sebanyak Rp3,2 triliun itu, juga sudah termasuunt k pembayaran THR dan gaji Aparat Sipil Negara (ASN).

“Bicara adanya kenaikkan persediaan uang hingga Rp3,2 triliun itu, selain momentum Ramadhan dan Idul Fitri juga adanya pembayaran THR, gaji dan penyelengaraan Pilkada. Hal inilah yang membuat proyeksi kebutuhan uang di Kalbar mengalami kenaikan,” katanya.

Namun ia mengakui terkait pengunaan uang dipenyelenggaraan Pilkada bahwa BI Kalbar belum secara pasti menghitungnya.

Prijono mengimbau, kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir, karena untuk menukarkan uang dapat dilakukan di bank-bank terdekat. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Serangan Jantung, Tidak Hanya Disebabkan Oleh Kolesterol

Kolesterol yang tinggi memang penting sebagai faktor risiko, penyebab serangan jantung, tapi perlu diketahui bahwa kolesterol tidak berdiri sendiri, ada faktor risiko lain.

Berdagang Kemiskinan

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER