BI: Konsumsi Saat Ramadhan Tingkatkan Perekonomian

MANADO, SERUJI.CO.ID –┬áBank Indonesia (BI) memperkirakan konsumsi yang tinggi pada Ramadhan 1439 Hijriah/2018 akan mendorong ekonomi Sulawesi Utara tetap tumbuh.

“Pasti dampak perayaan hari raya keagamaan kali ini memberikan kontribusi pada perekonomian daerah,” kata Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo di Manado, Jumat (1/6).

Soekowardojo mengatakan walaupun secara angka tidak terlalu besar, tapi memberikan dampak positif karena aktivitas ekonomi yang meningkat saat Ramadhan seperti bermunculannya usaha kuliner, yang berarti konsumsi masyarakat akan meningkat.

Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Alwy Pontoh mengatakan memasuki bulan puasa diperkirakan IKM pangan musiman meningkat sekitar 30 persen.

Peningkatan jumlah pelaku usaha ini, katanya, akan memberikan dampak baik pada perekonomian Sulut.

“Kami harap IKM pangan ini memberikan yang terbaik kepada konsumen,” katanya.

Deputi Direktur BI Perwakilan Sulut MHA Ridhwan mengatakan BI memperkirakan ekonomi Sulawesi Utara (Sulut) pada triwulan II tahun 2018 akan semakin membaik.

“Hal ini didorong oleh optimisme membaiknya harga komoditas serta perbaikan perekonomian dunia yang terus berlanjut yang pada gilirannya akan berdampak positif bagi kinerja ekspor Sulut,” katanya.

Dia mengatakan apalagi komitmen pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisman juga diperkirakan akan berperan dalam peningkatan pertumbuhan ekspor jasa.

Sejalan dengan peningkatan ekspor, katanya, investasi juga diperkirakan terus meningkat seiring penciptaan iklim investasi yang semakin kondusif dan KEK Bitung yang diperkirakan meningkat sejalan dengan positifnya persepsi investor asing di Sulut.

Konsumsi pemerintah dan rumah tangga juga diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan perayaan Hari raya keagamaan. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Menurut Laode M Syarif, saat ini 68% pelaku korupsi merupakan lulusan perguruan tinggi. Makanya, perguruan tinggi harus bertanggungjawab atas kejahatan korupsi yang dilakukan lulusannya.

Buruh, Rumah dan Kejahatan Negara

Kementerian kesehatan merilis 6771 KK buang air besar sembarangan di Bekasi. Menjijikkan tentunya. Namun, disebelah kota Bekasi, Kerawang, Luhut Binsar Pandjaitan telah melakukan "topping off" perumahan dan kawasan bisnis Meikarta, dengan nilai projek 20 miliar dolar AS, atau sekitar Rp300 Triliun

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Kemcer Di Curug Cipeteuy