BI: Konsumsi Saat Ramadhan Tingkatkan Perekonomian

0
27
Takjil (ilustrasi)

MANADO, SERUJI.CO.ID – Bank Indonesia (BI) memperkirakan konsumsi yang tinggi pada Ramadhan 1439 Hijriah/2018 akan mendorong ekonomi Sulawesi Utara tetap tumbuh.

“Pasti dampak perayaan hari raya keagamaan kali ini memberikan kontribusi pada perekonomian daerah,” kata Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo di Manado, Jumat (1/6).

Soekowardojo mengatakan walaupun secara angka tidak terlalu besar, tapi memberikan dampak positif karena aktivitas ekonomi yang meningkat saat Ramadhan seperti bermunculannya usaha kuliner, yang berarti konsumsi masyarakat akan meningkat.

Loading...

Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Alwy Pontoh mengatakan memasuki bulan puasa diperkirakan IKM pangan musiman meningkat sekitar 30 persen.

Peningkatan jumlah pelaku usaha ini, katanya, akan memberikan dampak baik pada perekonomian Sulut.

“Kami harap IKM pangan ini memberikan yang terbaik kepada konsumen,” katanya.

Deputi Direktur BI Perwakilan Sulut MHA Ridhwan mengatakan BI memperkirakan ekonomi Sulawesi Utara (Sulut) pada triwulan II tahun 2018 akan semakin membaik.

“Hal ini didorong oleh optimisme membaiknya harga komoditas serta perbaikan perekonomian dunia yang terus berlanjut yang pada gilirannya akan berdampak positif bagi kinerja ekspor Sulut,” katanya.

Dia mengatakan apalagi komitmen pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisman juga diperkirakan akan berperan dalam peningkatan pertumbuhan ekspor jasa.

Sejalan dengan peningkatan ekspor, katanya, investasi juga diperkirakan terus meningkat seiring penciptaan iklim investasi yang semakin kondusif dan KEK Bitung yang diperkirakan meningkat sejalan dengan positifnya persepsi investor asing di Sulut.

Konsumsi pemerintah dan rumah tangga juga diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan perayaan Hari raya keagamaan. (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama