Belasan Ibu Hamil di Kaltara Positif HIV

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara menemukan belasan ibu hamil positif mengidap penyakit HIV/AIDS pada 2017.

“Ada 12 ibu hamil di Kaltara ini positif mengidap HIV/AIDS pada 2017,” ungkap Agus, Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kaltara melalui sambungan telepon dari Nunukan, Rabu (17/1).

Pada 2017 sebanyak 173 kasus penderita penyakit HIV/AIDS di Provinsi Kaltara masing-masing 65 menderita penyakit AIDS dan 108 orang penderita HIV didalamnya termasuk ke-12 ibu hamil itu.

Penderita penyakit ini tersebar pada seluruh kabupaten/kota namun terbanyak di Kota Tarakan sebanyak 95 kasus terdiri 57 penderita HIV dan 38 penderita AIDS.

Mengantisipasi penyebaran atau penularan penyakit mematikan ini, Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara telah melakukan strategi pencegahan dengan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat khususnya wanita dan pria penjaja seks.

Ia juga mengklaim meningkatkan kemitraan dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dalam memaksimalkan upaya-upaya pencegahan melalui sosialisasi tersebut.

Penyakit HIV/AIDS ini sangat rentan dialami masyarakat yang senang menjajakan seks sebagaimana saat ini sedang santer penyuka sesama jenis. Kemudian, kemungkinan masih banyak kasus yang sama belum terungkap yang berada di pelosok dan perusahaan-perusahaan.

Edy mengharapkan, kelompok beresiko tinggi menderita HIV/AIDS agar rutin memeriksakan diri dan pemerintah daerah memberikan dukungan dan kerja samanya sebagai salah satu bentuk pencegahan.

Sebab, kelompok beresiko tinggi seringkali menghindari petugas dan tertutup saat diperiksa kesehatannya. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.