Belasan Ibu Hamil di Kaltara Positif HIV

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara menemukan belasan ibu hamil positif mengidap penyakit HIV/AIDS pada 2017.

“Ada 12 ibu hamil di Kaltara ini positif mengidap HIV/AIDS pada 2017,” ungkap Agus, Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kaltara melalui sambungan telepon dari Nunukan, Rabu (17/1).

Pada 2017 sebanyak 173 kasus penderita penyakit HIV/AIDS di Provinsi Kaltara masing-masing 65 menderita penyakit AIDS dan 108 orang penderita HIV didalamnya termasuk ke-12 ibu hamil itu.

Penderita penyakit ini tersebar pada seluruh kabupaten/kota namun terbanyak di Kota Tarakan sebanyak 95 kasus terdiri 57 penderita HIV dan 38 penderita AIDS.

Mengantisipasi penyebaran atau penularan penyakit mematikan ini, Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara telah melakukan strategi pencegahan dengan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat khususnya wanita dan pria penjaja seks.

Ia juga mengklaim meningkatkan kemitraan dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dalam memaksimalkan upaya-upaya pencegahan melalui sosialisasi tersebut.

Penyakit HIV/AIDS ini sangat rentan dialami masyarakat yang senang menjajakan seks sebagaimana saat ini sedang santer penyuka sesama jenis. Kemudian, kemungkinan masih banyak kasus yang sama belum terungkap yang berada di pelosok dan perusahaan-perusahaan.

Edy mengharapkan, kelompok beresiko tinggi menderita HIV/AIDS agar rutin memeriksakan diri dan pemerintah daerah memberikan dukungan dan kerja samanya sebagai salah satu bentuk pencegahan.

Sebab, kelompok beresiko tinggi seringkali menghindari petugas dan tertutup saat diperiksa kesehatannya. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ditengah Merapatnya Prabowo ke Jokowi, Sandiaga “Deklarasi” Kembali ke Gerindra

Sandiaga Uno yang sebelum Pilpres 2019 menyatakan keluar dari Partai Gerindra untuk berpasangan dengan Prabowo di Pilpres 2019, hari ini Selasa (15/10) menyatakan kembali ke partai asalnya tersebut.

Anda Penderita Tukak Lambung? Catat, Inilah Obat Pengganti Ranitidin Yang Telah Ditarik

Dari laman resmi BPOM yang diakses di Jakarta, Selasa (15/10), menyebut obat dengan Ranitidin saat ini ditarik secara sementara karena diduga mengandung cemaran N-Nitrosodimethylamine (NDMA) yang memicu kanker (karsinogenik).

Sesuai Anjuran Anies, Pemkot Jaktim Siapkan Trotoar Jatinegara Untuk Berdagang PKL

Pemerintah Kota Jakarta Timur saat ini sedang menyiapkan area trotoar di kawasan Jatinegara sebagai area bagi pedagang kaki lima (PKL). Hal ini dilakukan sesuat dengan permintaan Gubernur Anies Baswedan.

Sambut Teknologi 5G, TelkomGroup Akuisisi 2.100 Menara Indosat Senilai Rp4,4 Triliun

Pengambilalihan kepemilikan menara telekomunikasi Indosat Ooredoo ini menjadi salah satu langkah TelkomGroup melalui Mitratel untuk menjadi "dominant player" di industri menara di Indonesia.

Tidak Takut Sendirian Jadi Oposisi, Begini Penjelasan Tegas PKS

Menanggapi pergerakan partai-partai yang selama Pilpres 2019 berkoalisi mendukung Prabowo berhadapan dengan Jokowi tersebut, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menegaskan mereka tidak bergeming dari posisinya yang ingin tetap jadi oposisi. Begini alasannya.

Dahnil Anzar: Gerindra Juga Siap Jadi Mitra Koalisi Presiden Jokowi

“Jadi, sampai detik ini Pak Jokowi dan pihak Pak Jokowi belum bilang mau memberikan sekian banyak menteri ke Pak Prabowo dan Gerindra, itu belum ada,” tukas Dahnil.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi