close

Bekraf Fokus Wujudkan Ambon Jadi Kota Musik Dunia

AMBON, SERUJI.CO.ID – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) fokus mewujudkan Ambon menjadi kota musik dunia pada 2019, kata Deputi V bidang Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi, Ari Juliano Gema.

“Perwujudan Ambon menuju kota musik dunia melalui pencanangan yang dilakukan Oktober 2016 sebagai salah satu persyaratan yang diputuskan Unesco,” katanya di Ambon, Sabtu (17/3).

Menurut dia, Ambon menjadi fokus utama walaupun saat ini tiga kota di Indonesia telah mengajukan ke Bekraf untuk menjadi kota musik seperti kota Manado, Medan dan Toraja.

“Kami prinsipnya siap mewujudkan Ambon sebagai miniatur kota musik di indonesia, karena telah mendapat dukungan dari enam deputi Bekraf yang konsentrasi ke Ambon agar hasilnya maksimal sesuai dengan apa yang diinginkan Unesco,” katanya.


Ia mengatakan, dari 16 sub sektor di Bekraf tiga sektor diantaranya menjadi unggulan yakni kuliner, kriya dan fashion, sedangkan tiga sektor lainnya masuk prioritas yakni film, animasi dan video, aplikasi dan pengembang permainan dan sektor musik.

Tiga sub sektor tersebut terjadi peningkatan sehingga tahun 2018 masuk prioritas, terutama sub sektor musik menjadi prioritas setelah Ambon dicanangkan menuju kota musik dunia.

“Kita bangun ekosistem agar apa yang telah dilakukan untuk mewujudkan Ambon sebagai kota musik dunia dapat berjalan secara optimal. Jika seluruh upaya ini mendapat dukungan Unesco, maka Ambon kedepan akan menjadi contoh bagi kota lainnya yang bakal menjadi kota musik,” ujarnya.

Ari menyatakan, untuk mendapatkan pengakuan dunia setidaknya ada tujuh syarat yang harus dipenuhi sebuah kota musik di antaranya kesiapan pemerintah daerah berupa penyiapan regulasi, infrastruktur penunjang berupa gedung pertunjukan seni, studio rekaman, sekolah musik, dan penyiapan SDM.

Pembangunan studio rekaman berstandar internasional serta gedung pertunjukan telah diresmikan ketua DPR RI, kedepan bagaimana para musisi lokal untuk memanfaatkan infrastruktur yang telah disiapkan ini.

Setelah dua infrastruktrur tersebut rampung,tahapan selanjutnya adalah pembangunan Pusat Dokumentasi Musik (PDM) terlengkap di Indonesia bekerjasama dengan Perpustakaan dan Arsip nasional.

“Nantinya PDM ini akan menampung seluruh dokumentasi musik di Indonesia. Kita berharap musik menjadi alat penggerak ekonomi,” tandasnya Bekraf lanjutnya, berupaya mewujudkan syarat yang ditetapkan Unesco sehingga nantinya dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

“Saat ini kota Ambon belum memiliki sekolah musik, tetapi kita optimis dalam waktu dekat Ambon akan memiliki sekolah musik yang dapat menghasilkan tenaga pemusik yang handal. Kita akan membantu Pemkot Ambon memwujudkan hal tersebut melalui penyiapan SDM dan kurikulum,” katanya. (Ant/SU02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Tolak PPDB Zonasi Yang Tidak Berkeadilan, KOMPAK Siang Ini Geruduk Grahadi

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Ratusan orang tua yang tergabung dalam...

Kuasa Hukum Jokowi-KH Ma’ruf Siap Hadapi Saksi Dari Pihak Prabowo-Sandi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Tim kuasa hukum Jokowi-KH Ma'ruf Amin...

Sidang Ketiga Sengketa Pilpres 2019 Akan Digelar Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) Rabu (19/6) pagi...

Wagub Jabar: PPDB Zonasi Upaya Pemerataan Pendidikan

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul...

Dinilai Bermasalah, Warga Surabaya Minta PPDB SMAN Online Dihentikan dan Evaluasi

“Sistem IT untuk seleksi yang dibangun teman-teman ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya -red) ternyata belum siap, belum ada uji coba yang layak, sehingga saat pelaksanaan data pemeringkatannya kacau balau,” ungkap Jospan lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (18/6).

Persijap Jepara Target Gelar Laga Uji Coba Maksimal Tiga Kali

JEPARA, SERUJI.CO.ID - Tim Persijap Jepara, Jawa Tengah, menargetkan menggelar...

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Dinilai Bermasalah, Warga Surabaya Minta PPDB SMAN Online Dihentikan dan Evaluasi

“Sistem IT untuk seleksi yang dibangun teman-teman ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya -red) ternyata belum siap, belum ada uji coba yang layak, sehingga saat pelaksanaan data pemeringkatannya kacau balau,” ungkap Jospan lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (18/6).