BBPOM Manado Awasi Penjualan Parcel Lebaran

MANADO, SERUJI.CO.ID – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Manado terus mengawasi penjualan parcel Lebaran di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Jelang perayaan hari besar keagamaan mulai muncul usaha parcel tapi harus diawasi,” kata Kepala BBPOM Manado Rustyawati di Manado, Jumat (1/6).

Rustyawati mengatakan biasanya parcel Lebaran sebagian besar merupakan bahan pangan yang siap dimakan.

“Kami awasi terus jangan sampai produk pangan dalam parcel tersebut merupakan bahan yang sudak kadaluarsa,” katanya.

Setiap hari ada tim khusus yang dibentuk BBPOM untuk turun ke lapangan agar pelaku usaha tidak menjual parcel dengan bahan pangan yang sudah tidak layak.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat agar saling bersinergi dalam melindungi masyarakat/konsumen dari produk berbahaya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengintensifkan pengawasan peredaran obat dan panganan selama Ramadhan 1439 Hijriah.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Hanny Wajong mengatakan pihaknya juga menyiapkan tim khusus untuk memantau semua produk pangan terlebih kebutuhan pokok jelang Lebaran.

“Selain mengawasi pasar tradisional, kami juga awasi pedagang ritel maupun swalayan agar menjual produk yang layak kepada masyarakat,” jelasnya.

Ia menjelaskan sebelum Ramadhan pihaknya sudah mengumpulkan para distributor dan pelaku usaha, swalayan maupun retail agar memperhatikan waktu kadaluwarsa barang dan kondisi lainnya.

Karena ada UU Perlindungan Konsumen yang mengatur hal tersebut, jangan sampai dikenakan sanksi usaha pencabutan izin maupun denda dan hukuman badan. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Memaknai Indonesia

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Indonesia Darurat Keadilan