BBPOM Manado Awasi Penjualan Parcel Lebaran

0
12
Parcel lebaran (foto:istimewa)

MANADO, SERUJI.CO.ID – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Manado terus mengawasi penjualan parcel Lebaran di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Jelang perayaan hari besar keagamaan mulai muncul usaha parcel tapi harus diawasi,” kata Kepala BBPOM Manado Rustyawati di Manado, Jumat (1/6).

Rustyawati mengatakan biasanya parcel Lebaran sebagian besar merupakan bahan pangan yang siap dimakan.

“Kami awasi terus jangan sampai produk pangan dalam parcel tersebut merupakan bahan yang sudak kadaluarsa,” katanya.

Setiap hari ada tim khusus yang dibentuk BBPOM untuk turun ke lapangan agar pelaku usaha tidak menjual parcel dengan bahan pangan yang sudah tidak layak.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat agar saling bersinergi dalam melindungi masyarakat/konsumen dari produk berbahaya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengintensifkan pengawasan peredaran obat dan panganan selama Ramadhan 1439 Hijriah.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Hanny Wajong mengatakan pihaknya juga menyiapkan tim khusus untuk memantau semua produk pangan terlebih kebutuhan pokok jelang Lebaran.

“Selain mengawasi pasar tradisional, kami juga awasi pedagang ritel maupun swalayan agar menjual produk yang layak kepada masyarakat,” jelasnya.

Ia menjelaskan sebelum Ramadhan pihaknya sudah mengumpulkan para distributor dan pelaku usaha, swalayan maupun retail agar memperhatikan waktu kadaluwarsa barang dan kondisi lainnya.

Karena ada UU Perlindungan Konsumen yang mengatur hal tersebut, jangan sampai dikenakan sanksi usaha pencabutan izin maupun denda dan hukuman badan. (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Sohibul Iman - Sudirman Said

Sudirman: 27 Juni Akan Muncul Pemimpin Baru Yang Bekerja Keras untuk Rakyat

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur nomor urut dua dalam Pilgub Jateng 2018, Sudirman Said, optimis akan lahir pemimpin baru di Jawa Tengah usai pencoblosan...
habib rizieq shihab

Miliki Pengaruh Besar, Tempatkan Habib Rizieq Sebagai Pemimpin Umat Saat Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengungkapkan bahwa pengaruh Habib Rizieq Shihab sangat diperhitungkan jelang pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Hal itu,...

Terkait SP3 Kasus Habib Rizieq, Jokowi: Tidak Ada Intervensi Pemerintah

TANGERANG, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menegaskan bahwa tidak ada intervensi pemerintah dalam penerbitan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) kasus dugaan "chat" berkonten pornografi yang melibatkan...

Kemendagri Dukung Ketegasan Kapolri Menjaga Netralitas Polri di Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Dalam Negeri menyatakan mendukung ketegasan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam menjaga netralitas Pilkada di Maluku. "Tentu kami 'respect' dan mendukung atas...

Bantah Karena Ketidaknetralan, Polri Enggan Jelaskan Alasan Mutasi Wakapolda Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto membantah mutasi jabatan Brigjen Pol Hasanuddin sebagai Wakapolda Maluku akibat ketidaknetralan Hasanuddin dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan...