Baznas: Potensi Zakat Sulut Capai Rp60 Miliar

0
32
zakatlFwi8
Zakat (ilustrasi)

MANADO, SERUJI.CO.ID – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Abid Takalamingan mengatakan potensi zakat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bisa mencapai puluhan miliar.

“Menurut pantauan dan studi kami perkirakan potensi zakat di Sulut bisa mencapai Rp60-an miliar dalam setahun,” kata Abid di Manado, Kamis (29/3).

Dia mengatakan dengan potensi tersebut, pihaknya akan terus meningkatkan penerimaannya dan menargetkan penerimaan zakat pada 2018 naik sebesar 30 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Saat ini setiap bulan zakat yang terkumpul Rp120 jutaan,” katanya.

Agar penerimaan zakat lebih meningkat pihaknya terus memperbanyak Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di instansi, perusahaan milik negara maupun swasta yang ada.

Dia megatakan terdapat 29 UPZ yang tersebar di Manado. Para pengurusnya secara rutin melakukan penyetoran setiap bulan ke Baznas Sulut.

UPZ yang paling besar mengumpulkan zakat berasal dari PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi, dengan presentase sekitar 15 persen dari total zakat yang terkumpul.

Application Operation & Support Section Head PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado Rizki Farhan mengungkapkan untuk penyaluran zakat telah bekerja sama demgan Baznas Sulut sejak 2014.

Pengumpulan zakat tersebut berasal dari karyawan yang ada di Manado, sedangkan untuk yang di jakarta kerja samanya dengan Baznas pusat. (Ant/SU02)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU