Baznas: Potensi Zakat Sulut Capai Rp60 Miliar

0
32
zakatlFwi8
Zakat (ilustrasi)

MANADO, SERUJI.CO.ID – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Abid Takalamingan mengatakan potensi zakat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bisa mencapai puluhan miliar.

“Menurut pantauan dan studi kami perkirakan potensi zakat di Sulut bisa mencapai Rp60-an miliar dalam setahun,” kata Abid di Manado, Kamis (29/3).

Dia mengatakan dengan potensi tersebut, pihaknya akan terus meningkatkan penerimaannya dan menargetkan penerimaan zakat pada 2018 naik sebesar 30 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Saat ini setiap bulan zakat yang terkumpul Rp120 jutaan,” katanya.

Agar penerimaan zakat lebih meningkat pihaknya terus memperbanyak Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di instansi, perusahaan milik negara maupun swasta yang ada.

Dia megatakan terdapat 29 UPZ yang tersebar di Manado. Para pengurusnya secara rutin melakukan penyetoran setiap bulan ke Baznas Sulut.

UPZ yang paling besar mengumpulkan zakat berasal dari PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi, dengan presentase sekitar 15 persen dari total zakat yang terkumpul.

Application Operation & Support Section Head PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado Rizki Farhan mengungkapkan untuk penyaluran zakat telah bekerja sama demgan Baznas Sulut sejak 2014.

Pengumpulan zakat tersebut berasal dari karyawan yang ada di Manado, sedangkan untuk yang di jakarta kerja samanya dengan Baznas pusat. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...