Bawaslu Ingatkan Warga Jangan Tergiur Politik Uang

KOBA, SERUJI.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengingatkan warga untuk tidak tergiur praktik politik uang karena dapat merusak pelaksanaan pemilu yang jujur dan adil.

“Dalam kesempatan ini kami menyosialisasikan kepada warga tentang bahaya dan ancaman politik uang tersebut, maka jangan pernah terlibat hal demikian,” kata anggota Bawaslu Babel, Edi Irawan dalam acara berbuka puasa bersama warga di Masjid Al Ikhlas Dusun Tanjung Berikat, Ahad (27/5).

Ia mengatakan politik uang jelas melanggar aturan dan bisa berurusan dengan hukum sehingga pihaknya mengharapkan partisipasi warga untuk menjadi warga yang cerdas pemilu.

“Pengawasan partisipatif juga sangat kami harapkan dari warga untuk sama-sama mengawasi dan mengawal pelaksanaan pesta demokrasi pada 2019 yang jujur dan adil,” katanya.

Edi mengharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam menyukseskan Pemilu 2019 dengan terlibat aktif dalam pengawasan pemilu guna mendorong terciptanya pemilu yang demokratis, bermartabat dan berkualitas.

“Sebagai pengawas kami memiliki keterbatasan personel, apalagi untuk daerah-daerah yang jangkauannya sangat jauh. Makanya kami sangat memerlukan adanya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu,” katanya.

Kepala Desa Batu Beriga, Abdul Gani menyambut baik kedatangan rombongan Bawaslu Babel dan pihaknya bersama warga akan membantu jajaran pengawas dalam menyukseskan Pemilu 2019.

Abdul Gani juga menyampaikan bahwa angka partisipasi pemilih di desa tersebut dalam setiap kali penyelenggaraan pemilu sangat tinggi yaitu mencapai 80 persen hingga 90 persen.

“Ini artinya kesadaran berdemokrasi warga sudah cukup tinggi kendati kami berada di desa yang jauh dari pusat kota,” katanya. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER