Banjir Sulsel, PKPU HI Lakukan Aksi Tanggap Darurat Bencana

GOWA, SERUJI.CO.ID – Merespon banjir yang melanda Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), sejak Senin (21/1) hingga kini, PKPU Human Initiative (HI) segera melakukan aksi tanggap darurat bencana banjir. PKPU HI mengirimkan 10 personel, di antaranya 4 personel untuk bidang logistik, serta 5 personel untuk bidang Emergency Response dan Rescue.

Data dari Tim Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Gowa dan PKPU HI menyebutkan, sejauh ini ada 2.176 jiwa pengungsi di Kabupaten Gowa.

Seperti diketahui, sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar meliris data, terkait hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat di beberapa lokasi terdampak di wilayah Sulsel. Hujan lebat sejak Senin (21/1) hingga Selasa (22/1) menyebabkan banjir di sejumlah tempat.

Salah satu lokasi yang mengalami banjir adalah Kabupaten Gowa, Sulsel. Untuk membantu pengungsi, PKPU HI segera mendirikan Dapur Air sebagai bagian dari Solusi Peduli untuk masyarakat terdampak banjir.

Dapur Air PKPU HI ini berlokasi di wilayah Masjid Masjid Siratal Mustaqim Mangalli, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

“Alhamdulillah saat ini pos Dapur Air sudah berdiri di pos pengungsian Manggalli, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan,” kata Kepala Cabang PKPU HI Sulawesi Selatan, Indra Budi Legowo, di Gowa Rabu (23/1).

Selain Dapur Air, PKPU HI juga terus melakukan evakuasi korban terdampak banjir, khususnya di daerah Paccerakkang dan Batalyon Tim Pertempuran (BTP) Makassar. Selain pula terus menyalurkan distribusi makanan siap saji, salah satunya di Desa Manggalli, Pallangga, Gowa.

Rencananya ke depan, PKPU HI akan mendirikan Dapur Air di Desa Sapanang, Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulsel. Sekaligus, akan melakukan pelayanan kesehatan, distribusi makanan siap saji, serta kebutuhan mendesak lainnya.

“PKPU HI akan terus berupaya memberikan Solusi Peduli untuk masyarakat khususnya yang terkena dampak banjir di Sulawesi Selatan,” tutur Indra Budi.

Sementara itu, BMKG menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati. Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbukan dari curah hujan tinggi dan angin kencang, yang diprediksi terjadi tiga hari ke depan. (PKPU HI/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengapa Riset di Indonesia ‘Mandul’? Belajar dari Thomas Edison-GE

Mengapa riset di perguruan tinggi kita mandul? Mengapa hanya menghasilkan dokumen  di rak-rak perpustakaan atau link internet yang hanya dibaca secara terpaksa oleh para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi? Simak jawabannya di sini

Anda ASN Yang Terpaksa Harus Bercerai? Simak Prosedur Yang Harus Dilalui

Anda seorang ASN dan sedang mengalami masalah rumah tangga yang berujung perceraian? Simak proses percerain ASN berikut, apa yang harus dilakukan dan kewajiban apa yang muncul.

Buruh, Rumah dan Kejahatan Negara

Kementerian kesehatan merilis 6771 KK buang air besar sembarangan di Bekasi. Menjijikkan tentunya. Namun, disebelah kota Bekasi, Kerawang, Luhut Binsar Pandjaitan telah melakukan "topping off" perumahan dan kawasan bisnis Meikarta, dengan nilai projek 20 miliar dolar AS, atau sekitar Rp300 Triliun

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

BUMN, Pseudo CEO, dan Efek Negatifnya

vonis hakim menunjukkan bahwa sejatinya Karen bukan direktur sesungguhnya. Bukan direktur utama yang sesungguhnya. Bukan CEO. Karen hanyalah seorang direktur semu. Seorang direktur-direkturan.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close