Bangka Belitung Jadi Tuan Rumah Pertemuan Produsen Timah Dunia

0
13
Bangka Belitung produsen timah terbesar di dunia

PANGKALPINANG, SERUJI.CO.ID – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mengatakan daerah yang dipimpinnya ditunjuk menjadi tuan rumah pertemuan 300 produsen timah dunia pada 2019, untuk membahas berbagai isu dan masalah pertambangan bijih timah.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan International Tin Association (ITA) yang menunjuk daerah ini sebagai tuan rumah pertemuan produsen dunia tahun depan,” kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Rabu (21/3).

Ia menjelaskan ITA menunjuk Babel sebagai tempat pertemuan produsen timah 2019 bertemakan “Asia Tin Week” karena provinsi ini merupakan penghasil bijih timah terbesar di dunia.

“Kami siap menyukseskan pertemuan agar dapat berjalan lancar dan menghasilkan kesepakatan yang baik untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Managing Director International Tin Association (ITA) Mr David Bishop mengatakan banyak hal yang dilakukan pada pelaksanaan “Asia Tin Week” 2019, karena masing-masing pihak dapat memberikan kontribusinya.

Ia menjelaskan beberapa poin yang menjadi perhatian dalam pertemuan yang dikenal dengan “ten principle tin code” (Sepuluh Prinsip kode pertimahan) di antaranya hukum yang berlaku dan manajemen yang baik, lingkungan, kesehatan dan keamanan.

Selanjutnya, perburuhan, keterlibatan pemangku kepentingan, komunitas lokal, konflik dan pelanggaran hak azasi manusia, yang mempengaruhi persediaan, tanggung jawab produk dan pelaporan.

“Pada pertemuan nanti akan diikuti 300 peserta dan mereka berasal dari negara-negara penghasil timah dan produsen timah yang ada di dunia serta tergabung dalam ITA,” katanya.

Ia mengatakan pertemuan nanti juga akan membahas isu tenaga kerja anak-anak, kesehatan dan keamanan, area tambang yang ditinggalkan berupa lahan dan terumbu karang serta reklamasi lahan tambang.

“Kami berharap adanya kesiapan berupa fasilitas penginapan/hotel bagi peserta “Asia Tin Week” di Babel, agar pertemuan ini berjalan dengan baik,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Diduga Ada ASN Dukung Gus Ipul, Ini Komentar Mantan Sekdaprov Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Munculnya postingan foto Asisten II Sekdaprov Jatim Fattah Yasin bersama beberapa orang termasuk mantan Gubernur Jatim Imam Utomo dan salah satu...

Tabung Elpiji Meledak di Bandung, 14 Orang Luka

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Tabung gas berukuran tiga kilogram meledak di sebuah rumah kontrakan di Gang Marsadi, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung, dan melukai...

Korban Dukun Cabul di Sukabumi Terus Bertambah

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID - Hasil pemeriksaan anggota Polsek Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat korban dukun cabul AR (43) warga Ciaul, Kota Sukabumi terus bertambah hingga...
Penggelapan dana

Kejaksaan Jatim Dalami 15 Anggota Dewan Terlibat P2SEM

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim) mendalami keterlibatan 15 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim periode 2004 - 2009 dalam...
tewas

Seorang Wanita Tewas Diduga Keracunan Minuman

RANTAU, SERUJI.CO.ID - Seorang wanita muda berinisial HS berusia 18 tahun warga Desa Bakau, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, meninggal dunia diduga karena...