Atasi Krisis Air, Pemkot dan Pemkab Kupang Tandatangani Kerja Sama

0
106
musim kering
Kekeringan yang terjadi di salah satu Kabupaten Sumba Timur NTT (Foto: Habibudin/SERUJI)

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Kupang melangsungkan penandatanganan kerja sama pemanfaatan air bersih bersama Pemerintah Kabupaten Kupang, untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Jadwalnya siang ini penandatanganan kerja sama itu akan dilakukan antara Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore bersama Bupati Kupang Ayub Titu Eki di kantor Bupati Kupang di Oelamasi,” kata Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man di Kupang, Jumat (20/10).

Penandatanganan kerja sama itu sebagai tindak lanjut dari sejumlah kesepakatan yang sebelumnya sudah dilakukan dua pemerintahan itu untuk pemenuhan kebutuhan air bagi seluruh warga di daerah ini.

Loading...

“Ya sudah ada sebelumnya beberapa kesepakatan yang diambil bersama dua pemerintahan itu. Hari ini resminya,” katanya.

Menurut Hermanus, Pemerintah Kota Kupang memang sedang dan akan terus fokus mengambil langkah pemenuhan air bagi warganya yang saban tahun mengalami krisis apalagi jika kemarau panjang melanda daerah ini.

Salah satunya kerja sama pemanfaatan sumber air baku bersama Pemerintah Kabupaten Kupang. Selain itu juga akan ada kerja sama dengan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SPAM, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mengelola Bendungan Tilong.

Saat ini BLUD SPAM sedang mengelola Bendungan Tilong sebagai salah satu sumber air baku di wilayah ini. Oleh karena itu, dengan kerja sama nantinya, pemanfaatan sumber air baku Bendungan Tilong itu bisa langsung dilakukan.

“Warga langsung bisa menikmatinya,” kata Hermanus.

Secara keseluruhan, kata Hermanus, Pemerintah Kota Kupang menyediakan lima langkah strategis untuk menuntaskan persoalan air bersih warga di daerah itu yang selalu alami krisis jika kemarau tiba.

Langkah pertama, merehabilitasi jaringan milik Pemerintah Kabupaten Kupang yang ada di wilayah Kota Kupang.

Tujuan rehabilitasi ini untuk memungkinkan terjadinya peremajaan seluruh jaringan milik PDAM Kabupaten Kupang untuk pelayanan yang lebih baik, jika kerja sama antara dua wilayah ini berjalan.

Langkah berikut, melakukan kerja sama dengan BLUD SPAM milik Pemerintah provinsi yang dikendali Dinas PUPR. BLUD SPAM itulah yang saat ini mengelola sumber air baku dari Bendungan Tilong.

“Nah kerja sama itu akan memungkinkan kita mendapat layanan air yang bersumber dari Tilong. Langkah ini yang sedang pemerintah fokus,” katanya.

Selanjutnya, yang dilakukan Pemerintah Kota Kupang adalah melakukan eksplorasi sendiri terhadap seluruh sumber mata air baku yang ada baik yang berada di wilayah Kota Kupang juga di Kabupaten Kupang.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama