Akademisi: Sabar Adalah Kunci Sukses

0
33
jam-pasir
Sabar

BANJARMASIN, SERUJI.CO.ID – Akademisi dari Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Prof Dr H Asmaraman mengatakan sabar merupakan kunci sukses.

Oleh sebab itu bila seseorang menginginkan kesuksesan harus mampu bersabar, ujarnya dalam tausiahnya di Masjid Assa’adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, usai shalat subuh Ahad (8/4).

Namun, lanjutnya, bersabar itu bukan pasrah, tetapi harus tetap berbuat sesuai tuntutan agama atau ketentuan Allah SWT, kecuali yang sudah terjadi, baru menerima sesuatu yang sudah bersifat takdir tersebut.

Loading...

Ia menerangkan, definisi atau ta’rif perkataan sabar yaitu menahan diri dari gejolak hawa nafsu, serta menerima dengan ikhlas terhadap sesuatu musibah yang menimpa.

“Karena yang namanya hawa nafsu itu bisa bersifat positif dan negatif,” lanjut dosen pascasarjana pada perguruan tinggi Islam negeri tertua di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan menjadi kebanggaan kaum Muslim provinsi tersebut.

Ia menganjurkan, untuk bisa menahan kesabaran tersebut, maka harus mengembalikan segala sesuatu kepada Allah SWT atau senantiasa mendekatkan diri kepada Allah.

“Sebab hanya seseorang yang mendekatkan diri kepada Allah SWT yang mampu sabar dalam pengertian luas, baik dalam pengendalian hawa nafsu maupun ketika mendapatkan musibah,” tuturnya.

“Karena Allah SWT berjanji dan menyatakan, bahwa Dia (Allah) bersama orang yang sabar, sebagaimana firman Nya; Innalaha ma’asysyabiriin,” ujar Asmaraman.

Guru Besar UIN Antasari itu pengisi pengajian rutin di Masjid Assa’adah Beruntung Jaya Banjarmasin tiap subuh Ahad minggu kedua setiap bulan, guna pencerahan kaum Muslim. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU