Akademisi: Sabar Adalah Kunci Sukses

BANJARMASIN, SERUJI.CO.ID – Akademisi dari Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Prof Dr H Asmaraman mengatakan sabar merupakan kunci sukses.

Oleh sebab itu bila seseorang menginginkan kesuksesan harus mampu bersabar, ujarnya dalam tausiahnya di Masjid Assa’adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, usai shalat subuh Ahad (8/4).

Namun, lanjutnya, bersabar itu bukan pasrah, tetapi harus tetap berbuat sesuai tuntutan agama atau ketentuan Allah SWT, kecuali yang sudah terjadi, baru menerima sesuatu yang sudah bersifat takdir tersebut.

Ia menerangkan, definisi atau ta’rif perkataan sabar yaitu menahan diri dari gejolak hawa nafsu, serta menerima dengan ikhlas terhadap sesuatu musibah yang menimpa.

“Karena yang namanya hawa nafsu itu bisa bersifat positif dan negatif,” lanjut dosen pascasarjana pada perguruan tinggi Islam negeri tertua di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan menjadi kebanggaan kaum Muslim provinsi tersebut.

Ia menganjurkan, untuk bisa menahan kesabaran tersebut, maka harus mengembalikan segala sesuatu kepada Allah SWT atau senantiasa mendekatkan diri kepada Allah.

“Sebab hanya seseorang yang mendekatkan diri kepada Allah SWT yang mampu sabar dalam pengertian luas, baik dalam pengendalian hawa nafsu maupun ketika mendapatkan musibah,” tuturnya.

“Karena Allah SWT berjanji dan menyatakan, bahwa Dia (Allah) bersama orang yang sabar, sebagaimana firman Nya; Innalaha ma’asysyabiriin,” ujar Asmaraman.

Guru Besar UIN Antasari itu pengisi pengajian rutin di Masjid Assa’adah Beruntung Jaya Banjarmasin tiap subuh Ahad minggu kedua setiap bulan, guna pencerahan kaum Muslim. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Dari Plot Pembunuhan Menuju Monarkhi Konstitusional di Arab Saudia

Aneka media luar dan dalam negeri dengan telanjang menggambarkannya. Tim 15 orang memutilasi, memotong korban ketika korban masih hidup. Suara melengking korban kesakitan yang luar biasa terdengar dan terekam.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Inilah Tanda Bayi Terkena Penyakit Demam Berdarah

Kenali Demam Berdarah, waspada terhadap anak anda

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Wartawan Dalam Lingkaran Elite Kekuasaan