16 Anggota DPRD Lakukan Tes Urine

TERNATE, SERUJI.CO.ID – Sebanyak 16 anggota DPRD Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut) menjalani tes urine dari BNNP Malut untuk deteksi dini penyalahgunaan dan peredaran gelap di lingkungan kerja.

Ketua DPRD Halmahera Timur, John Ngoraitji dihubungi, Senin (9/4), mengatakan, tes urine bagi anggota DPRD Haltim ini untuk memastikan ke publik kalau legislator di Haltim bebas narkoba.

Dalam mengawali pelaksanaan tes, pihaknya mengapresiasi kehadiran tim BNNP Malut yang menurutnya pelaksanaan tes urine direncanakan setahun lalu belum dapat dilakukan karena banyaknya agenda DPRD.

Sebanyak 16 orang yang mengikuti tes urine itu terdiri dari 11 anggota DPRD (dari 19 anggota DPRD) dan 5 pejabat Sekretariat Dewan.

Ketua DPRD Haltim juga menyatakan 8 anggota DPRD yang belum sempat ikut karena berhalangan hadir secepatnya akan menuju Kantor BNNP Malut untuk tes urine.

Sementara itu, Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Benny Gunawan ketika dikonfirmasi menyatakan, apresiasi kepada DPRD Haltim merupakan anggota Legislatif yang pertama di tahun 2018 melaksanakan tes urine secara mandiri, dan hal ini sekaligus memberikan jawaban kepada publik yang bertanya tentang konsistensi DPRD untuk pelaksanaan tes dimaksud.

“DPRD Haltim sudah berpikir bagaimana menyelamatkan generasi dari bahaya penyalahgunaan narkoba, dan ini patut diapresiasi,” katanya.

Pelaksanaan tes urine berdasarkan permintaan dengan surat yang ditandatangani ketua DPRD Kabupaten Halmahera Timur ini dalam rangka menciptakan lingkungan kerja yang bersih narkoba.

Dia menjelaskan, dalam tes urine ini jika ada yang terindikasi tidak akan diproses pidana, karena dilakukan atas permintaan DPRD secara mandiri dan hasil pemeriksaan urine akan diserahkan ke ketua DPRD sebagai pihak yang mengundang setelah ditandatangani Kepala BNNP Malut.

Tes urine dengan 6 parameter yakni Amphetamine (ekstasi), Morphin, THC (ganja), Methamphetamine (sabu), Cocaine dan Benzodiazepine, ini didampingi Dokter Nikmawati Torano sebagai ketua tim medis.

Sementara itu, Kabid Pemberantasan BNNP Malut, AKBP Matheis juga menjelaskan wilayah laut dan bandara termasuk rawan peredaran narkoba dan penanganan hukum bagi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba bagi peserta tes. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah dan Ruang Publik Inkusif

Saya sendiri berpendapat bahwa dasar negara Republik Indonesia Pancasila sudah sangat memadai sebagai kesepakatan bersama menuju tatanan bernegara yang demokratik sekaligus mewadahi religiusitas inklusif dari segenap warga negara Indonesia termasuk didalamnya mayoritas ummat Islam.

Refleksi Akhir Tahun Pendidikan

Persekolahan tidak pernah dirancang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.