16 Anggota DPRD Lakukan Tes Urine

TERNATE, SERUJI.CO.ID – Sebanyak 16 anggota DPRD Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut) menjalani tes urine dari BNNP Malut untuk deteksi dini penyalahgunaan dan peredaran gelap di lingkungan kerja.

Ketua DPRD Halmahera Timur, John Ngoraitji dihubungi, Senin (9/4), mengatakan, tes urine bagi anggota DPRD Haltim ini untuk memastikan ke publik kalau legislator di Haltim bebas narkoba.

Dalam mengawali pelaksanaan tes, pihaknya mengapresiasi kehadiran tim BNNP Malut yang menurutnya pelaksanaan tes urine direncanakan setahun lalu belum dapat dilakukan karena banyaknya agenda DPRD.

Sebanyak 16 orang yang mengikuti tes urine itu terdiri dari 11 anggota DPRD (dari 19 anggota DPRD) dan 5 pejabat Sekretariat Dewan.

Ketua DPRD Haltim juga menyatakan 8 anggota DPRD yang belum sempat ikut karena berhalangan hadir secepatnya akan menuju Kantor BNNP Malut untuk tes urine.

Sementara itu, Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Benny Gunawan ketika dikonfirmasi menyatakan, apresiasi kepada DPRD Haltim merupakan anggota Legislatif yang pertama di tahun 2018 melaksanakan tes urine secara mandiri, dan hal ini sekaligus memberikan jawaban kepada publik yang bertanya tentang konsistensi DPRD untuk pelaksanaan tes dimaksud.

“DPRD Haltim sudah berpikir bagaimana menyelamatkan generasi dari bahaya penyalahgunaan narkoba, dan ini patut diapresiasi,” katanya.

Pelaksanaan tes urine berdasarkan permintaan dengan surat yang ditandatangani ketua DPRD Kabupaten Halmahera Timur ini dalam rangka menciptakan lingkungan kerja yang bersih narkoba.

Dia menjelaskan, dalam tes urine ini jika ada yang terindikasi tidak akan diproses pidana, karena dilakukan atas permintaan DPRD secara mandiri dan hasil pemeriksaan urine akan diserahkan ke ketua DPRD sebagai pihak yang mengundang setelah ditandatangani Kepala BNNP Malut.

Tes urine dengan 6 parameter yakni Amphetamine (ekstasi), Morphin, THC (ganja), Methamphetamine (sabu), Cocaine dan Benzodiazepine, ini didampingi Dokter Nikmawati Torano sebagai ketua tim medis.

Sementara itu, Kabid Pemberantasan BNNP Malut, AKBP Matheis juga menjelaskan wilayah laut dan bandara termasuk rawan peredaran narkoba dan penanganan hukum bagi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba bagi peserta tes. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER