150 Petani Unjuk Rasa Tuntut Ganti Rugi Lahan yang Tercemar

0
222
Petani tutup jalan hauling
Unjuk rasa petani menutup jalan hauling PT BDMS dan PT. MA. (Foto: SHD/SERUJI)

MALINAU, SERUJI.CO.ID – Lebih kurang 150 petani menutup jalan hauling (jalan tambang) PT. Bara Dinamika Muda Sukses (BDMS) dan PT. Mitrabara Adiperdana (MA) di jalan stok file muara, Desa Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Jumat (17/11).

Berawal tumpahnya solar diakibatkan kelalaian penjaga atau pekerja yang bertugas malam hari, sehingga solar yang disalin dari fuel tank ke pompa pengisian meluap dan mengalir ke lahan petani pada Rabu (7/11). Akibatnya terjadi pencemaran solar ke lahan persawahan petani.

Lahan sawah tersebut merupakan bagian dari Program Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian tahun anggaran 2017 yang masih dalam tahap pengerjaan.

Lebih kurang 50,6 Ha lahan yang terdampak kerugian kepada petani. Dan jelas program nawacita satu juta hektar pertanian Presiden Jokowi yang dilaksanakan di Kabupaten Malinau terancam gagal.

Kesepakatan yang yang berlangsung Jumat (17/11) cukup alot, menyebabkan lebih kurang 150 orang petani melakukan aksi unjuk rasa menuntut kerugian dengan menutup jalan hauling PT. BDMS dan PT. MA. Akibatnya beberapa truk hauling di-stop.

Kesepakatan berlanjut hingga pukul 4.30 sore, kesepakatan dihadiri Kapolres Malinau, pemangku adat LAD, dan Kalagiat pelaksana kegiatan percetakan sawah. Hingga akhirnya sampai pada titik temu yang disepakati.

Pihak perusahaan menerima tuntutan petani dan menyanggupi membayar dengan luasan 50,6 Ha lahan petani yang terdampak limbah solar.

Manajemen PT. BDMS dan PT. MA Ibnu menyampaikan, pihak perusahaan menyanggupi mengganti rugi lahan sawah yang tercemar limbah solar dengan ukuran berdasarkan tuntutan 50,6 Ha, dan akan direalisasikan akhir November 2017.

Selanjutnya perusahaan mendatangkan tim ahli dari LAPI ITB untuk melakukan penelitian dan perhitungan dampak tercemarnya lahan sawah pertani. Dan perusahaan juga mohon izin kepada petani untuk masuk ke lahan guna melakukan perbaikan. (SHD/SU02).

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Tips Makan Sehat Puasa

Oleh: dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. SERUJI.CO.ID - "Puasalah agar kamu sehat", demikian salah satu hadis Rasulullah berkaitan dengan manfaat puasa bagi yang...

DPR Anggap Polisi Lakukan Pelecehan Karena Jadikan Alquran Sebagai Bukti Terorisme

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid menganggap kepolisian telah melakukan pelecehan pada ummat Islam karena tindakan menjadikan Alquran sebagai barang...

Pertamina TBBM Sei Siak kembali Resmikan Program CSR untuk Masyarakat Tanjung RHU dan Pesisir

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - PT Pertamina (Persero) Terminal Pengisian Bahan Bakar Minyak (TBBM) Sungai Siak meresmikan program Corporate Social Responsibility (CSR) pemberdayaan masyarakat di kelurahan...

Tebarkan Semangat Kebaikan, Bahagia Bersama Yatim PKPU HI Mulai Bergulir

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Di hari kedua Ramadhan PKPU Human initiative Kaltim menyalurkan program Bahagia Bersama Yatim berupa paket bingkisan, Sebar Al-Quran dan Buka Puasa...

Bupati Malinau Hadiri Panen Padi Perdana PT. MA dan PT. BDMS

MALINAU, SERUJI.CO.ID - Bupati Malinau DR. Yansen TP menghadiri panen padi perdana di lahan pertanian yang dioleh PT. Mitrabara Adiperdana (MA) dan PT. Bara...