Wagub DKI Apresiasi Kerjasama Jaktour dengan SMK

0
22
Sandiaga Uno
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. (foto:Istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –¬†Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberikan apresiasi terkait kerja sama yang dilakukan antara BUMD DKI, PT Jakarta Tourisindo, atau dikenal dengan Jaktour, dengan sekolah menengah kejuruan bidang pariwisata di provinsi ini.

Apresiasi tersebut diberikan secara langsung Sandiaga saat menghadiri penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Jaktour dengan SMK bidang pariwisata di Jakarta di SMKN 57, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (27/3).

“Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mewujudkan pendidikan dan menyiapkan lapangan kerja berkualitas di ibukota,” kata Sandiaga.

Menurut dia, saat ini di Jakarta dibutuhkan banyak tenaga terampil, sedangkan 30 persen lulusan siswa-siswi SMK menganggur. Melalui kerja sama itu, diharapkan siswa-siswi SMK bisa langsung disalurkan untuk bekerja.

“Melalui kerja sama itu, siswa-siswi SMK Bidang Pariwisata di Jakarta dapat mengenal dunia kerja profesional dengan melakukan kegiatan magang di Jaktour, khususnya sektor hotel dan pariwisata,” ujar Sandiaga.

Ia berharap lulusan siswa-siswi SMK se-Jakarta dapat mengikuti gerakan dan program One Kecamatan, One Cener for Entrepreneurship (OK-OCE) yang tersebar di seluruh kecamatan di wilayah DKI Jakarta.

“Lulusan SMK bisa mengikuti Program OK-OCE. Jadi, tiga tahun sekolah, setelah itu ikut OK-OCE satu tahun. Sehingga nanti bukan hanya bisa diserap dunia kerja, tetapi juga bisa berwirausaha secara mandiri,” tutur Sandiaga.

Selain penandatangan perjanjian kerja sama, kegiatan itu juga disertai dengan penyerahan lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi-Pihak Pertama (LSP-P1) SMK, dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) kepada SMK DKI Jakarta yang diwakili oleh Sandiaga Uni dan Ketua BNSP Sumarna F Abdurahman.

Sandiaga kemudian menyerahkan LSP-P1 tersebut kepada sebanyak 34 Kepala Sekolah SMK yang terdiri dari 30 SMK Negeri dan 4 SMK Swasta se-DKI Jakarta.

“Dengan mendapatkan sertifikasi, lulusan siswa-siswi SMK diharapkan dapat diakui kemampuan daya saing dan kredibilitas profesionalitasnya di dunia kerja,” ungkap Sandiaga. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

BI Nilai Ekonomi Nasional Tetap Solid

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Bank Indonesia menilai bahwa perekonomian nasional masih tetap solid ditopang kondisi domestik dan eksternal yang masih baik. "Domestik baik, didukung investasi dalam...

Polres Lebak Jamin Bebas Miras dan Narkoba

LEBAK, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Lebak menjamin bebas dari minuman keras dan peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang atau narkoba di daerah itu dengan mengoptimalkan...

TNI Terus Kejar KKSB di Distrik Tembagapura

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Dansatgas Terpadu Penanganan KKSB, Kolonel Infanteri Frits Pelamonia mengatakan pihaknya masih terus melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata di area...

Korea Utara Akan Hentikan Uji Nuklir

SEOUL, SERUJI.CO.ID - Menjelang temu puncak dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat, Korea Utara akan menangguhkan uji nuklir dan peluru kendali sesegera mungkin serta...
Rohingya

Pemerintah Aceh Salurkan Bantuan Pangan ke Pengungsi Rohingya

BIREUN, SERUJI.CO.ID - Pemerintah Aceh Provinsi menyalurkan bantuan pangan dan sandang kepada para pengungsi etnis Rohingya, Myanmar, yang kini berada di penampungan Gedung SKB...