Wagub DKI Apresiasi Kerjasama Jaktour dengan SMK

0
46
Sandiaga Uno
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. (foto:Istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberikan apresiasi terkait kerja sama yang dilakukan antara BUMD DKI, PT Jakarta Tourisindo, atau dikenal dengan Jaktour, dengan sekolah menengah kejuruan bidang pariwisata di provinsi ini.

Apresiasi tersebut diberikan secara langsung Sandiaga saat menghadiri penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Jaktour dengan SMK bidang pariwisata di Jakarta di SMKN 57, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (27/3).

“Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mewujudkan pendidikan dan menyiapkan lapangan kerja berkualitas di ibukota,” kata Sandiaga.

Menurut dia, saat ini di Jakarta dibutuhkan banyak tenaga terampil, sedangkan 30 persen lulusan siswa-siswi SMK menganggur. Melalui kerja sama itu, diharapkan siswa-siswi SMK bisa langsung disalurkan untuk bekerja.

“Melalui kerja sama itu, siswa-siswi SMK Bidang Pariwisata di Jakarta dapat mengenal dunia kerja profesional dengan melakukan kegiatan magang di Jaktour, khususnya sektor hotel dan pariwisata,” ujar Sandiaga.

Ia berharap lulusan siswa-siswi SMK se-Jakarta dapat mengikuti gerakan dan program One Kecamatan, One Cener for Entrepreneurship (OK-OCE) yang tersebar di seluruh kecamatan di wilayah DKI Jakarta.

“Lulusan SMK bisa mengikuti Program OK-OCE. Jadi, tiga tahun sekolah, setelah itu ikut OK-OCE satu tahun. Sehingga nanti bukan hanya bisa diserap dunia kerja, tetapi juga bisa berwirausaha secara mandiri,” tutur Sandiaga.

Selain penandatangan perjanjian kerja sama, kegiatan itu juga disertai dengan penyerahan lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi-Pihak Pertama (LSP-P1) SMK, dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) kepada SMK DKI Jakarta yang diwakili oleh Sandiaga Uni dan Ketua BNSP Sumarna F Abdurahman.

Sandiaga kemudian menyerahkan LSP-P1 tersebut kepada sebanyak 34 Kepala Sekolah SMK yang terdiri dari 30 SMK Negeri dan 4 SMK Swasta se-DKI Jakarta.

“Dengan mendapatkan sertifikasi, lulusan siswa-siswi SMK diharapkan dapat diakui kemampuan daya saing dan kredibilitas profesionalitasnya di dunia kerja,” ungkap Sandiaga. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...