Tekan Kecelakaan, Pemerintah Tambah Bus Mudik Gratis

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah, dalam hal ini, Kementerian Perhubungan menambah armada bus untuk program mudik gratis guna menekan angka kecelakaan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi usai usai Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran 2018 di Kemenhub, Jakarta, Jumat (13/4), mengatakan untuk tahun ini pemerintah menambah hingga 1.135 bus.

“Untuk 2017 kemarin bud mudik gratis cukup banyak sudah 900 sekian, nah sekarang saya menambah lagi untuk busnya itu 1.135, belum lagi nanti ada ke sepeda motor ada 75 truk dan kapal feri ada tiga jurusan,” tuturnya.

Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, terdapat korelasi antara penambahan armada bus untuk mudik gratis dengan penurunan angka kecelakaan.

Dia menyebutkan pada 2016, angka kecelakaan sebanyak 1.261 orang tewas selama “H-7” hingga “H+7” Lebaran, kemudian menurun hingga 50 persen pada 2017, yaitu 742 orang.

“Jadi, kalau saya menambahkan kapasitas untuk masyarakat mudik gratis, artinya mudah-mudahan kecelakaan bisa turun lagi tahun ini,” ujarnya.

Ia berharap kecelakaan akan turun pada tahun ini hingga 50 persen seiring dengan penambahan armada mudik gratis baik dari perushaan BUMN dan swasta.

“Kemudian yang membahagiakan lagi, kemarin ada beberapa swasta, salah satunya dari Honda kemudian Damri ada penyiapan 2.000 bus lebih, artinya kita mengharapkan masyarakat sudah enggak perlu lagi pakai motor atau mobil pribadi. Saya berharap motor bisa dikurangi karena motor sangat resisten dan berpengaruh untuk mengakibatkan kecelakaan,” imbuhnya.

Dia menambahkan untuk jarak dekat memang masyarakat dengan tujuan jarak dekat, seperti Cirebon, Bandung dan Garut masih memilih mudik dengan menggunakan sepeda motor.

Untuk mudik gratis, lanjut dia, paling banyak peminat yaitu tujuan Sragen, Wonogiri dan Yogyakarta.

“Mudah-mudahan dengan imbauan, masyarakat yang mudik jarak jauh tidak menggunakan motor bisa dilakukan,” katanya, berharap.

Dia menyebutkan untuk mudik gratis tahun ini, Kemenhub sudah menggelontorkan dana sekitar Rp70 miliar, di antaranya Ditjen Perhubungan Darat Rp35 miliar, Ditjen Perkeretaapian Rp20 miliar, Ditjen Perhubungan Laut Rp10 miliar.

Progres mudik gratis itu sendiri, untuk KA sudah terisi hampir 100 persen, Darat itu lebih dari 50 persen dan Laut 30-40 persen. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER