close

Tanggulangi Banjir, Kemensos Siagakan Dapur Umum dan KSB

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kementerian Sosial menyiagakan dapur umum dan 81 Kampung Siaga Bencana (KSB) untuk menanggulangi banjir yang melanda Jakarta akibat intensitas hujan yang tinggi.

“Sebagai tahap awal, Kemensos mengaktifkan 81 KSB, 15 KSB di Jakarta Timur di antaranya sudah melakukan evakuasi dan mendirikan Dapur Umum Lapangan (Dumlap) yang dikelola oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) bersama Dinas Sosial DKI Jakarta,” kata Menteri Sosial Idrus Marham dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (6/2).

Seperti KSB di Kelurahan Pejaten Timur Kecamatan Pasar Minggu dan Kelurahan Pengadegan Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan sejak Senin (5/2) telah mengelola dapur umum dibantu oleh Tagana.

Secara mandiri, warga melakukan evakuasi dan berkumpul di beberapa rumah warga yang tidak terendam banjir. Bantuan logistik juga sudah mulai disalurkan Senin (5/2) malam.


Selain mengaktifkan seluruh KSB di wilayah Jakarta, juga menyiagakan Tagana. DKI Jakarta memiliki 2.046 personel Tagana.

Sementara itu Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat meninjau langsung proses evakuasi dan distribusi logistik terutama makanan yang dilakukan Dinas Sosial DKI Jakarta bersama Tagana dan para relawan lainnya.

Dapur Umum Lapangan dipusatkan di Kantor Wali Kota Jakarta Timur. Bersama tim Kemensos, Harry mengunjungi lokasi banjir di Kelurahan Bidara Cina, Jalan Arus Cawang dan Kampung Melayu.

“Saya melihat proses penanganan berjalan dengan cepat dan responsif. Warga bersama Tagana dan unsur relawan lainnya telah bahu-membahu saat terjadi bencana. Meliputi membantu penanganan korban, membuat laporan kondisi wilayah yg terdampak bencana dan kondisi korban bencana di pengungsian, serta mendirikan tenda dan dapur umum lapangan,” kata Harry.

Selain meninjau proses evakuasi, lanjut Harry, ia juga memantau proses distribusi logistik di lokasi pengungsian. Bantuan terus mengalir baik dari pemerintah pusat maupun daerah setempat, serta dari warga.

“Selasa (6/2) dini hari saya ke lokasi pengungsi di Kelurahan Bidara Cina. Ketinggian air mencapai dua meter dan warga telah memadati lokasi pengungsian. Prioritas utama adalah kelompok rentan yakni ibu hamil dan menyusui, bayi, anak-anak, penyandang disabilitas, dan lanjut usia,” tegasnya.

Berikut daftar KSB yang di aktifkan di wilayah yang terkena genangan banjir di wilayah Jakarta yaitu di Kelurahan Cawang, Cililitan, Bidaracina, Manggarai, Kebon Baru, Pejaten Timur, Rawa Jati, Pengadegan, Bukit Duri, Bangka, Cilandak Timur, Petogogan, Lenteng Agung, Cipinang Melayu dan Kampung Melayu.

Upaya yang di lakukan KSB dalam penangaan banjir yaitu mendirikan tenda pengungsi, mengaktifkan dapur umum, mendistribusikan logistik, menyiapkan lokasi pengungsian dan evakuasi mandiri. (Ant/SU02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

Bawaslu Kudus Persiapkan Data Untuk Hadapi Gugatan di MK

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus,...

Sikap Politik PAN Akan Dirujuk Dari Putusan MK

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sekjen PAN, Eddy Soeparno menyatakan putusan...

TERPOPULER