Tangerang Jadikan Hutan Bakau Jadi Destinasi Wisata Bahari

TANGERANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menjadikan kawasan hutan bakau (mangrove) di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga sebagai destinasi wisata bahari sehingga perlu ditambah dengan sarana maupun prasarana pendukung.

“Ini sudah merupakan program wisata dengan melibatkan warga pesisir dengan cara mengelola tanaman bakau,” kata Sekretaris Daerah Pemkab Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid di Tangerang, Kamis (15/3).

Maesyal mengatakan pihaknya membangun sarana pendukung seperti tempat pemancing, areal kuliner dan prasarana pendukung lainnya diantaranya lahan parkir dan rumah ibadah.

Hal tersebut bertujuan agar pengunjung yang datang ke lokasi hutan bakau itu berasa betah dan menghabiskan waktu berlibur.

Para pengunjung juga dapat menikmati kawasan pesisir perairan Laut Jawa karena tersedia aneka kuliner dengan berbagai bahan terbuat dari ikan dan hasil laut lainnya.

Pemkab Tangerang juga membangun arena bermain anak di lokasi tersebut agar pengunjung yang membawa anak juga dapat menikmati liburan.

Masalah itu terkait Pemkab Tangerang, melakukan penataan sejumlah tambak warga di Desa Tanjung Pasir, untuk dijadikan obyek wisata bahari pada lahan seluas 12 hektare.

Camat Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Supriyadi mengatakan saat ini sedang dilakukan penanam pohon bakau pada areal tambak dalam jumlah banyak agar dapat tumbuh subur.

Penanaman bakau di tambak warga tersebut merupakan binaan Dinas Perikanan dan Kelautan Pemkab Tangerang sehingga perlu langkah terpadu membangun kawasan wisata bahari.

Bahkan sudah dikerjakan pembuatan jembatan dan jalan menuju ke lokasi wisata agar mudah dilalui, karena selama ini jalan dalam kondisi rusak.

Padahal sebelumnya, proyek wisata itu dilaksanakan dua instansi yakni Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) serta Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Pemkab Tangerang.

Dia menambahkan bila obyek wisata itu terwujud maka dapat menambah pendapatan bagi penduduk sekitar dan menunjang roda perekonomian setempat. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.