Tampilkan Meme Habib Rizieq, Kantor Harian The Jak Digeruduk Massa FUI

6
2840
harian the jak
Tampilan halaman depan harian The Jak (edisi Rabu, 17/5) yang memuat meme yang dianggap menghina ulama Habib Rizieq Syihab. (FOTO: Istimewa)

JAKARTA – Sejumlah massa mendatangi kantor redaksi harian The Jak di Gedung Graha Pena, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Rabu (17/5) malam. Mereka mengatasnamakan diri sebagai perwakilan umat Islam Jakarta Selatan, dan memprotes isi halaman depan dari harian tersebut yang terbit hari ini.

“Kami memprotes diterbitkannya gambar ulama yang dizalimi,” kata pimpinan massa bernama Hermansyah di Graha Pena, Jakarta Selatan, Rabu (17/5).

Hermansyah menuturkan di halaman pertama harian The Jak hari ini memuat gambar meme Habib Rizieq Syihab. Gambar parodi Habib Rizieq diletakkan di sudut kiri bawah halaman depan koran itu. Di sana digambarkan Habib Rizieq dengan kata-kata yang menyebut nama Firza. Bagi mereka hal tersebut sangat menyakitkan hati mereka, sehingga membuat mereka memutuskan mendatangi kantor harian The Jak. Saat ini pemimpin FPI itu tengah menghadapi masalah hukum terkait beredarnya percakapan berbau pornografi yang dituduhkan dilakukan Habib Rizieq dengan Firza Husein.

“Kami mendatangi kantor harian The Jak untuk meminta pertanggungjawaban dari pihak redaksi,” kata Hermansyah.

Setelah diadakan pertemuan antara pimpinan redaksi The Jak dan perwakilan dari FPI, pada pukul 20.00 WIB, Hadits Abdillah Balfas selaku pimpinan redaksi The Jak ditemani Ahmad Yani selaku General Manager The Jak mengklarifikasi konten tersebut kepada massa yang datang.

Pihak The Jak mengakui kesalahan atas pemuatan gambar meme Habib Rizieq tersebut.

“Kami sudah mengklarifikasi dan sama-sama memahami bahwa ini adalah kesalahan dari pihak redaksi,” kata Hadits.

Pihak redaksi The Jak kemudian minta maaf atas kesalahan pemuatan meme gambar Habib Rizieq.

“Kami minta maaf minta maaf atas kekhilafan kita yang memuat meme dari dari ulama kita, guru besar kita, Habib Rizieq Syihab,” tegasnya.

Menurut Adi, The Jak akan memuat klarifikasi atas kesalahan ini. Pemuatan klarifikasi akan dilakukan besok Kamis (18/5) dan tayang di halaman pertama koran tersebut.

“Kita harap ke depannya kita dapat melakukan kerjasama lagi, jika teman-teman ada event ada acara majelis kami siap bekerjasama,” kata Hadits.

Sementara itu di tempat yang sama, Ahmad Yani menuturkan pihaknya akan memberikan sanksi pihak yang memuat meme tersebut.

“Ya kalau secara administrasi ada sanksi ada SP itu semua ada proses 1,2,3 sampai yang terakhir lah, yang pasti akan ditegur,” tutur Ahmad.

harian the jak
Surat Permohonan Maaf dari Redaksi Harian The Jak

EDITOR: Iwan Y

loading...

6 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...