Tampilkan Meme Habib Rizieq, Kantor Harian The Jak Digeruduk Massa FUI


JAKARTA – Sejumlah massa mendatangi kantor redaksi harian The Jak di Gedung Graha Pena, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Rabu (17/5) malam. Mereka mengatasnamakan diri sebagai perwakilan umat Islam Jakarta Selatan, dan memprotes isi halaman depan dari harian tersebut yang terbit hari ini.

“Kami memprotes diterbitkannya gambar ulama yang dizalimi,” kata pimpinan massa bernama Hermansyah di Graha Pena, Jakarta Selatan, Rabu (17/5).

Hermansyah menuturkan di halaman pertama harian The Jak hari ini memuat gambar meme Habib Rizieq Syihab. Gambar parodi Habib Rizieq diletakkan di sudut kiri bawah halaman depan koran itu. Di sana digambarkan Habib Rizieq dengan kata-kata yang menyebut nama Firza. Bagi mereka hal tersebut sangat menyakitkan hati mereka, sehingga membuat mereka memutuskan mendatangi kantor harian The Jak. Saat ini pemimpin FPI itu tengah menghadapi masalah hukum terkait beredarnya percakapan berbau pornografi yang dituduhkan dilakukan Habib Rizieq dengan Firza Husein.

“Kami mendatangi kantor harian The Jak untuk meminta pertanggungjawaban dari pihak redaksi,” kata Hermansyah.

Setelah diadakan pertemuan antara pimpinan redaksi The Jak dan perwakilan dari FPI, pada pukul 20.00 WIB, Hadits Abdillah Balfas selaku pimpinan redaksi The Jak ditemani Ahmad Yani selaku General Manager The Jak mengklarifikasi konten tersebut kepada massa yang datang.

Pihak The Jak mengakui kesalahan atas pemuatan gambar meme Habib Rizieq tersebut.

“Kami sudah mengklarifikasi dan sama-sama memahami bahwa ini adalah kesalahan dari pihak redaksi,” kata Hadits.

Pihak redaksi The Jak kemudian minta maaf atas kesalahan pemuatan meme gambar Habib Rizieq.

“Kami minta maaf minta maaf atas kekhilafan kita yang memuat meme dari dari ulama kita, guru besar kita, Habib Rizieq Syihab,” tegasnya.

Menurut Adi, The Jak akan memuat klarifikasi atas kesalahan ini. Pemuatan klarifikasi akan dilakukan besok Kamis (18/5) dan tayang di halaman pertama koran tersebut.

“Kita harap ke depannya kita dapat melakukan kerjasama lagi, jika teman-teman ada event ada acara majelis kami siap bekerjasama,” kata Hadits.

Sementara itu di tempat yang sama, Ahmad Yani menuturkan pihaknya akan memberikan sanksi pihak yang memuat meme tersebut.

“Ya kalau secara administrasi ada sanksi ada SP itu semua ada proses 1,2,3 sampai yang terakhir lah, yang pasti akan ditegur,” tutur Ahmad.

harian the jak
Surat Permohonan Maaf dari Redaksi Harian The Jak

EDITOR: Iwan Y

6 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Apakah ada Perda yang secara khusus disebut “Perda Syariah”, misalnya, Perda Provinsi Banten Nomor 10 Tahun 2018 tentang Syariah? Perda semacam itu tidak ada, dan belum pernah dijumpai di daerah manapun di tanah air kita ini. Demikian pula tentang Undang-Undang Syariah, adakah di negara kita ini? Sepanjang pengetahuan saya, UU seperti itu tidak ada.

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

Utang RI Meroket Rp4.778 Triliun, Sri Mulyani: Kita Masih Lebih Hati-hati Dibanding Malaysia

Bahkan, jika dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, jelas Sri Mulyani, pengendalian utang Indonesia jauh lebih hati-hati.

TERPOPULER

close