Tampilkan Meme Habib Rizieq, Kantor Harian The Jak Digeruduk Massa FUI

6
2863
  • 55
    Shares
harian the jak
Tampilan halaman depan harian The Jak (edisi Rabu, 17/5) yang memuat meme yang dianggap menghina ulama Habib Rizieq Syihab. (FOTO: Istimewa)

JAKARTA – Sejumlah massa mendatangi kantor redaksi harian The Jak di Gedung Graha Pena, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Rabu (17/5) malam. Mereka mengatasnamakan diri sebagai perwakilan umat Islam Jakarta Selatan, dan memprotes isi halaman depan dari harian tersebut yang terbit hari ini.

“Kami memprotes diterbitkannya gambar ulama yang dizalimi,” kata pimpinan massa bernama Hermansyah di Graha Pena, Jakarta Selatan, Rabu (17/5).

Hermansyah menuturkan di halaman pertama harian The Jak hari ini memuat gambar meme Habib Rizieq Syihab. Gambar parodi Habib Rizieq diletakkan di sudut kiri bawah halaman depan koran itu. Di sana digambarkan Habib Rizieq dengan kata-kata yang menyebut nama Firza. Bagi mereka hal tersebut sangat menyakitkan hati mereka, sehingga membuat mereka memutuskan mendatangi kantor harian The Jak. Saat ini pemimpin FPI itu tengah menghadapi masalah hukum terkait beredarnya percakapan berbau pornografi yang dituduhkan dilakukan Habib Rizieq dengan Firza Husein.

“Kami mendatangi kantor harian The Jak untuk meminta pertanggungjawaban dari pihak redaksi,” kata Hermansyah.

Setelah diadakan pertemuan antara pimpinan redaksi The Jak dan perwakilan dari FPI, pada pukul 20.00 WIB, Hadits Abdillah Balfas selaku pimpinan redaksi The Jak ditemani Ahmad Yani selaku General Manager The Jak mengklarifikasi konten tersebut kepada massa yang datang.

Pihak The Jak mengakui kesalahan atas pemuatan gambar meme Habib Rizieq tersebut.

“Kami sudah mengklarifikasi dan sama-sama memahami bahwa ini adalah kesalahan dari pihak redaksi,” kata Hadits.

Pihak redaksi The Jak kemudian minta maaf atas kesalahan pemuatan meme gambar Habib Rizieq.

“Kami minta maaf minta maaf atas kekhilafan kita yang memuat meme dari dari ulama kita, guru besar kita, Habib Rizieq Syihab,” tegasnya.

Menurut Adi, The Jak akan memuat klarifikasi atas kesalahan ini. Pemuatan klarifikasi akan dilakukan besok Kamis (18/5) dan tayang di halaman pertama koran tersebut.

“Kita harap ke depannya kita dapat melakukan kerjasama lagi, jika teman-teman ada event ada acara majelis kami siap bekerjasama,” kata Hadits.

Sementara itu di tempat yang sama, Ahmad Yani menuturkan pihaknya akan memberikan sanksi pihak yang memuat meme tersebut.

“Ya kalau secara administrasi ada sanksi ada SP itu semua ada proses 1,2,3 sampai yang terakhir lah, yang pasti akan ditegur,” tutur Ahmad.

harian the jak
Surat Permohonan Maaf dari Redaksi Harian The Jak

EDITOR: Iwan Y

Langganan berita lewat Telegram
loading...

6 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU