Tak Pernah Dilibatkan, Kemensos Siap Tangani Kasus TKW Adelina

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kementerian Sosial siap untuk membantu dalam kasus Adelina Lisao, pekerja rumah tangga warga negara Indonesia yang meninggal di Malaysia.

“Secara langsung Kemensos memang tidak mempunyai kewenangan dalam kasus Adelina, tapi kalau membutuhkan bantuan Kemensos, kita siap,” kata Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Kementerian Sosial (Kemensos) Sonny Manalu yang dihubungi di Jakarta, Rabu (14/2).

Dia mengatakan Kementerian Sosial sebelumnya tidak pernah dilibatkan dalam penanganan kasus serupa, kecuali penanganan WNI deportan yang meninggal setiba di rumah penampungan di Tanjungpinang Kepulauan Riau.

Baca juga: Tewasnya TKW Adelina, Menlu Pastikan Hak-Hak Hukum

Sonny menjelaskan Kementerian Sosial melalui direktorat yang dipimpinnya setiap tahun memulangkan sekitar 20.000 WNI migran.

Tugas Kementerian Sosial dalam penanganan pekerja migran adalah memulangkan kembali mereka yang dideportasi ke kampung halaman masing-masing.

Sebelumnya, Adelina meninggal pada Minggu (11/2) di rumah sakit dan majikannya kini sedang diselidiki atas dugaan pembunuhan terhadapnya.

Adelina Lisao merupakan warga Dusun Tanah Merah, Kupang Tengah, Kupang, yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Malaysia, berdasarkan paspor yang didapat oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang.

Baca juga: BNP2TKI Kawal Kasus Kematian TKW Adelina

Adelina ditemukan duduk tidak berdaya di beranda rumah majikannya ditemani oleh seekor anjing ketika diselamatkan oleh tim yang menemukannya dalam kondisi kepala dan wajah bengkak serta kedua kaki penuh luka. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER