Sempat Ditutup, Kini Penyeberangan Merak-Bakauheni Kembali Beroperasi

0
77
Pelabuhan Bakauheni
Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni. (Foto: Istimewa)

MERAK, SERUJI.CO.ID – Penyeberangan angkutan kapal “roll on roll of” atau Roro yang melayani pelayaran Merak-Bakauheni, Lampung, kembali beroperasi setelah Kamis (30/11) malam ditutup akibat cuaca buruk di Perairan Selat Sunda.

“Kami sejak pukul 02.30 WIB sampai pagi ini sudah kembali mengoperasikan penyeberangan Merak-Bakauheni karena cuaca mulai membaik,” kata Kepala Humas PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo di Merak, Jumat (1/12).

PT ASDP Merak membuka tiga dermaga pelayanan penyeberangan dari Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Saat ini, penumpang pejalan kaki dan kendaraan bisa menyeberang kembali seperti biasa setelah cuaca membaik.

Sebelumnya, cuaca Perairan Selat Sunda Merak-Bakauheni memburuk akibat siklon tropis Dahlia yang mengakibatkan gelombang tinggi disertai angin kencang juga hujan lebat.

Karena itu, PT ASDP Indonesia Ferry Indonesia menutup penyeberangan Merak-Bakauheni guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebab, cuaca buruk tersebut dikhawatirkan berpotensi menimbulkan kecelakaan laut.

“Kami berani mengoperasikan pelayaran kembali jika cuaca itu sudah normal dan tidak Mario mengatakan, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak memprioritaskan keselamatan dan keamanan bagi pengguna jasa yang akan menyeberang.

Apabila, cuaca sangat ekstrem tentu penyeberangan Merak-Bakauheni dihentikan sementara.

Namun, PT ASDP juga terus mengoptimalkan koordinasi dengan stakeholder termasuk Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghadapi cuaca ekstrem.

“Kami berkomitmen mengutamakan pelayanan agar pengguna jasa angkutan penyeberangan selamat dan aman sampai tujuan,” katanya menjelaskan.

Berdasarkan pantauan, sejumlah penumpang pejalan kaki dan kendaraan setelah tiba di Pelabuhan Merak bisa naik ke atas kapal yang bersandar di tiga dermaga untuk diseberangkan menuju Pulau Sumatera. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Sudirman Said - Ida Fauziah

Sudirman: Jika Tangkap Teroris Cepat, Tentu Polisi Juga Bisa Cepat Tangkap Akun Penyebar Fitnah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah nomor urut dua, Sudirman Said berencana akan melaporkan pihak-pihak yang memfitnah dirinya dan calon Wakil Gubernur...
Ida Fauziyah

Ida Fauziyah: Fitnah Dilakukan Secara Sistematis dan Terencana Lewat Sosial Media

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah menilai fitnah melalui media sosial terhadap dirinya dan calon Gubernur Sudirman Said dilakukan secara sistematis...
Sudirman Said - Ida Fauziah

Sudirman Ungkap Keterlibatan Petinggi Partai Pengusung Ganjar Terkait Video Fitnah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said menyebut adanya oknum petinggi partai pengusung petahana yang diduga berada di belakang beredarnya video fitnah di...

Trump Pisahkan Anak dan Orangtua, Menlu Meksiko: Tindakan Tidak Manusiawi

MEKSIKO, SERUJI.CO.ID -  Menteri Luar Negeri Meksiko pada Selasa (19/6) menyebut pemisahan anak-anak dari orang tua pendatang di perbatasan Amerika Serikat-Meksiko kejam dan tidak manusiawi...
Nu dukung Khofifah

Awasi Pencoblosan, Khofifah Tegaskan Akan Maksimalkan Tim Saksi

BLITAR, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan akan memaksimalkan tim saksi, mengawasi pelaksanaan pencoblosan dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2018, yang akan...