Sempat Ditutup, Kini Penyeberangan Merak-Bakauheni Kembali Beroperasi

MERAK, SERUJI.CO.ID – Penyeberangan angkutan kapal “roll on roll of” atau Roro yang melayani pelayaran Merak-Bakauheni, Lampung, kembali beroperasi setelah Kamis (30/11) malam ditutup akibat cuaca buruk di Perairan Selat Sunda.

“Kami sejak pukul 02.30 WIB sampai pagi ini sudah kembali mengoperasikan penyeberangan Merak-Bakauheni karena cuaca mulai membaik,” kata Kepala Humas PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo di Merak, Jumat (1/12).

PT ASDP Merak membuka tiga dermaga pelayanan penyeberangan dari Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Saat ini, penumpang pejalan kaki dan kendaraan bisa menyeberang kembali seperti biasa setelah cuaca membaik.

Sebelumnya, cuaca Perairan Selat Sunda Merak-Bakauheni memburuk akibat siklon tropis Dahlia yang mengakibatkan gelombang tinggi disertai angin kencang juga hujan lebat.

Karena itu, PT ASDP Indonesia Ferry Indonesia menutup penyeberangan Merak-Bakauheni guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebab, cuaca buruk tersebut dikhawatirkan berpotensi menimbulkan kecelakaan laut.

“Kami berani mengoperasikan pelayaran kembali jika cuaca itu sudah normal dan tidak Mario mengatakan, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak memprioritaskan keselamatan dan keamanan bagi pengguna jasa yang akan menyeberang.

Apabila, cuaca sangat ekstrem tentu penyeberangan Merak-Bakauheni dihentikan sementara.

Namun, PT ASDP juga terus mengoptimalkan koordinasi dengan stakeholder termasuk Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghadapi cuaca ekstrem.

“Kami berkomitmen mengutamakan pelayanan agar pengguna jasa angkutan penyeberangan selamat dan aman sampai tujuan,” katanya menjelaskan.

Berdasarkan pantauan, sejumlah penumpang pejalan kaki dan kendaraan setelah tiba di Pelabuhan Merak bisa naik ke atas kapal yang bersandar di tiga dermaga untuk diseberangkan menuju Pulau Sumatera. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Islam Simbolik dan Islam Substantif: Problema Nilai Islamisitas dalam Politik Indonesia

Bagi saya, Habib Rizieq Shihab masih kurang radikal karena ia tidak memiliki ide original tentang negara nomokrasi Islam, yang menurut Thahir Azhary (1995) sebagai negara ideal atau negara siyasah diniyah dalam konsepsi Ibnu Khaldun (1849). Pengetahuannya tentang Kartosoewirjo yang pernah mendirikan Negara Islam Indonesia di Jawa Barat tahun 1949 juga sangat minim sehingga jika dipetakan, ia hanyalah tokoh pinggiran dalam proses revolusi Islam yang kini sedang berproses di Indonesia.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER