Retakan Curug Putri, Warga Waspada Longsor

0
73
jalan putus
Ilustrasi - Jalan putus akibat longsor

PANDEGLANG, SERUJI.CO.ID – Warga yang tinggal di sekitar aliran Sungai Curug Putri, Kabupaten Pandeglang, Banten, diminta untuk mewaspadai longsor terkait adanya retakan cukup besar di atas Curug Putri yang ada Gunung Pulosari.

“Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, kami mengimbau warga yang berada di sekitar aliran Sungai Curug Putri untuk waspada longsor,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang Dedi Supriadi di Pandeglang, Rabu (14/2).

Berdasarkan pantauan di Gunung Pulosari atau tepatnya sekitar 1 kilometer di atas Curug Putri terdapat retakan yang berpotensi menimbulkan longsor. Sebelumnya pada lokasi itu telah terjadi longsor.

Dedi menjelaskan, kondisi retakan cukup mengkhawatirkan, karena panjangnya mencapai 100 meter, kedalaman lima meter dan lebar dua meter.

Keretakan tanah berada di lereng atau tebing, karena sewaktu-waktu bisa saja terjadi longsor, jadi memang perlu diwaspadai.

“Jika hujan terus-menerus maka dikhawatirkan akan terjadi longsor serta menimbulkan penumpukan material batu pada aliran sungai. Penumpukan material tersebut bisa menyebabkan banjir bandang,” katanya.

Terkait dengan kondisi itu, ia menyatakan telah melakukan koordinasi berbagai termasu Perum Perhutani sebagai pihak yang dipercaya untuk mengelola kawasan Gunung Pulusari.

Curug Putri yang berada di kawasan Gunung Pulosari merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di Kabupaten Pandeglang.

Dengan adanya retakan itu, warga diimbau untuk tidak mendatangi kawasan wisata tersebut. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...
Uang Rupiah

Rupiah Terus Melemah, Pemerintah Janji Akan Atasi

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). "Pemerintah bersama-sama Bank Indonesia akan...

Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

SLEMAN, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa...
bus

Bengkulu Mulai Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mulai menggelar uji kelaikan kendaraan umum angkutan Lebaran 2018. Kepala Unit Pelaksana...

Menkeu: Utang Luar Negeri Indonesia Terus Turun

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. "Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan,...