Provinsi DKI Tertutup Untuk Becak Luar Daerah

JAKARTA, SERUJI,CO.ID – Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta tertutup untuk becak dari luar daerah yang akan beroperasi di daerah ini.

“Satpol PP memantau dan mereka sempat mendapatkan ada beberapa becak yang kemudian belum sempat turun truknya sudah disuruh kembali,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (26/1).

Becak yang dapat beroperasi adalah becak yang sudah ada, tidak termasuk yang mau datang, karena pengemudi becak lama tidak menerima pendatang, katanya.

“Bahwa yang baru datang tidak termasuk becak-becak yang ada sekarang, yang ada nggak mau ada kedatangan becak baru, jadi mereka pun melaporkan kalau ada becak baru yang datang,” kata Anies.

Menurutnya, masalah becak ramai karena terlanjur diramaikan di media, sementara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum melakukan penataan.

“Sebenarnya nggak usah bingung nanti ini ditata satu-satu setelah ditata baru. Sebenarnya belum ada yang berubah kok di lapangan yang ramai itu pembiaran kalau di lapangan belum ada yang berubah,” kata Anies.

Saat ini ada sembilan kelurahan yang masih terdapat becak beroperasi di lingkungan sekitarnya.

“Terus yang kedua, kenyataannya, mereka beroperasi di lingkungan perkampungan. Itu kenyataan. Yang mau kita atur adalah mereka yang beroperasi di lingkungan,” kata Anies.

Sebelumnya, Gubernur mengatakan penggunaan becak di Jakarta saat ini masih sering dimanfaatkan oleh sebagian warga di beberapa wilayah. Keberadaan becak masih dibutuhkan di tengah kemajuan transportasi sekarang.

Anies meminta masyarakat tak berspekulatif negatif terkait rencana tersebut sebab rencana itu hanya semata-mata untuk menyejahterakan warga Jakarta yang masih mencari uang dengan becaknya.

“Umumnya di kampung-kampung itu yang kami pantau dan mereka yang ‘kulakan’ itu yang belanja, kemudian anak-anak yang sekolahnya dekat, banyak dititipkan, kemudian adalah ibu-ibu yang belanjaannya banyak, karena rata-rata itu. Tapi kalau bepergiannya jauh, dua kilometer, tiga kilometer ya pada nggak pakai,” katanya. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tragedi Lion JT-610: Urgensi Audit Maskapai Airline untuk Keselamatan Penerbangan

"Secara juridis bila terjadi suatu kecelakaan (accident) pesawat udara dalam kegiatan penerbangan maka Pemerintah juga dapat ditarik menjadi pihak yang harus bertanggungjawab sebagai suatu perbuatan kelalaian dalam melaksanakan kewajiban hukum" -Prof Dr Hasim Purba, SH.MHum

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER