PPDB di Jakarta Berjalan Kondusif

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 di DKI Jakarta berjalan kondusif tidak seperti di beberapa sekolah lainnya yang dikeluhkan banyak warga karena sistem zonasinya.

Dilansir dari Antara, Selasa (18/6), SMK Negeri 27 Pariwisata dan SMA Negeri 1 yang terletak di wilayah Jakarta Pusat, tidak menampakkan adanya antrean orang tua murid yang datang mendaftar.

Staf Tata Usaha SMK Negeri 27 Pariwisata Jakarta Pusat, Hendrianto, Selasa (18/6), mengatakan pendaftaran PPDB telah dibuka sejak tanggal 12 Juni untuk jalur inklusi dan prestasi.

“Untuk jalur zonasi di SMK belum dibuka, khusus untuk SMK tidak ada jalur zonasi, adanya luar zonasi,” kata Hendrianto.

Pelaksanaan PPDB di DKI Jakarta mengikuti petunjuk teknis yang telah diterbitkan oleh dinas pendidikan setempat, seperti jadwal pendaftaran serta tata cara pendaftaran atau alur PPDB.

Berdasarkan juknis Dinas Pendidikan DKI Jakarta, jadwal PPDB jenjang SMP dan SMA di wilayah tersebut terbagi beberapa tahap yakni pendaftaran jalur inklusi (anak panti, sopir Jaklingko dan kartu pekerja) dibuka dari tanggal 12 sampai 13 Juni 2019.

Untuk jalur prestasi dibuka dari tanggal 17 sampai 19 Juni. Dan jalur zonasi umum dibuka pada tanggal 24 sampai 26 Juni, dilanjut dengan pendaftaran jalur non zonasi tahap I (umum) tanggal 2-4 Juli, non zonasi tahap I (afirmasi) tanggal 5-6 Juli dan non zonasi tahap II pada tanggal 10-11 Juli 2019.

Menurut Haryanto, Panitia PPDB SMA Negeri 1 Jakarta yang terletak di Jl Budi Utomo, sejak tanggal 17 sampai 19 nanti seluruh SMA di Jakarta melaksanakan PPDB untuk jalur prestasi.

“Untuk zonasi baru akan dibuka dari tanggal 24 sampai 26 Juni,” katanya.

Ia mengatakan saat ini orang tua siswa yang datang mendaftar dari jalur prestasi. Tetapi ada juga orang tua yang datang menanyakan informasi pendaftaran untuk jalur zonasi.

Menurut Haryanto, sejak 2017 lalu pelaksanaan PPDB di SMA Negeri 1 Jakarta berjalan kondusif, sesuai jadwal yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta, penerimaan peserta didik baru dilakukan bertahap tidak serentak untuk semua jalur.

Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah juga melengkapi informasi tata cara pendaftaran PPDB untuk bisa dipahami oleh para orang tua sehingga bisa mendaftar dengan lebih terarah.

“Kami juga membantu para orang tua yang datang mencari informasi terkait zonasi. Untuk memastikan zona sekolah yang bisa mereka daftarkan,” kata Haryanto.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Negeri Bohong

Promo Miras Holywings, Fahira: Ini Provokasi bukan Promosi

SERUJI.CO.ID - Anggota DPD RI yang juga Senator DKI...

Demo Penghina Nabi di India, Dua Remaja Tewas

SERUJI.CO.ID - Dua remaja Muslim tewas dalam kekerasan di...

Syafii Maarif dan Isu Perbudakan Spiritual

Bagi saya mendewa-dewakan mereka yang mengaku keturunan Nabi adalah bentuk perbudakan spiritual.

Innalillahi, Kembali Indonesia Berduka Guru Bangsa Buya Syafii Maarif Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia dengan berpulangnya guru bangsa Buya Syafii Maarif pada hari hari ini, Jumat 27 Mei 2022.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

TERPOPULER

Ghazwul Fikri dan Media

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai