Pharos: Perlu Enam Bulan Tarik Seluruh Viostin DS

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Direktur Komunikasi Perusahaan PT Pharos Indonesia Ida Nurtika mengatakan butuh waktu enam bulan untuk menarik seluruh produk Viostin DS dari pasaran.

“Karena wilayah Indonesia sangat luas, maka tidak bisa sekejap. Hingga saat ini masih berjalan, kami perkirakan perlu waktu enam bulan. Jadi kemungkinan akan selesai tiga bulan ke depan,” kata Ida dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (6/2).

Ia mengatakan telah berkoordinasi dengan distributor untuk menarik Viostin DS dari seluruh wilayah Indonesia yang tersisa di apotek-apotek kecil.

“Penarikan tidak hanya untuk produk dengan izin edar yang ditemukan mengandung DNA babi, tetapi seluruh produk,” tuturnya.

Baca juga: Pharos: Bahan Baku Viostin DS dari Sapi

Ida mengatakan pihaknya telah menghentikan seluruh kegiatan produksi, promosi dan penjualan Viostin DS. Penarikan Viostin DS dari pasaran sudah berjalan sejak 30 November 2017.

Saat ditanya sebaran Viostin DS yang mengandung DNA babi di wilayah mana saja, Ida tidak menyebutkan secara rinci.

“Masih di wilayah Jawa,” jawabnya.

Perusahaan asal Spanyol yang memasok Kondroitin Sulfat, salah satu bahan baku Viostin DS, kepada PT Pharos Indonesia menyatakan menggunakan bahan baku sapi dengan memberikan jaminan halal dari sebuah lembaga sertifikasi halal.

Baca juga: Pharos: Bukan Mengandung Babi, Hanya Tercemar

Lembaga yang mengeluarkan sertifikat halal itu termasuk lembaga yang diakui MUI sehingga PT Pharos Indonesia yakin menggunakan bahan baku dari pemasok tersebut.

“Setelah kami telusuri, kami menyakini bukan mengandung tetapi tercemar. Untuk memberikan rasa aman dan sebagai bentuk kepedulian kami kepada konsumen, maka kami menarik seluruh produk Viostin DS,” katanya.

Sebelumnya, BPOM menyatakan suplemen makanan Viostin DS produksi PT Pharos Indonesia dan Enzyplex tablet produksi PT Medifarma Laboratories terbukti positif mengandung DNA babi.

Yang mengandung DNA babi adalah produk dengan nomor izin edar NIE POM SD.051523771 dengan nomor bets BN C6K994H untuk Viostin DS dan NIE DBL7214704016A1 nomor bets 16185101 untuk Enzyplex tablet.(Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Corpopreneur Yes! Entrepreneur No!

Kita tidak butuh lagi peningkatan jumlah atau persentase entrepreneur. Yang dibutuhkan adalah bagaimana membesarkan perusahaan-perusahaan gurem itu menjadi perusahaan perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan prinsipal yang karyawannya puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER