Peserta MTQ Kota Cilegon Membeludak

CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon, Banten, secara resmi membuka gelaran Musabaqoh Tilawatil Quran, Senin (27/2) siang. Ajang syiar Islam tahunan di Cilegon ini ditandai dengan pawai ta’aruf yang diikuti ribuan peserta
MTQ, ormas Islam, aparat sipil negara (ASN),  dan pelajar dari delapan kecamatan di Kota Cilegon. Acara ini dimulai dari kantor walikota hingga rumah dinasnya.

Tahun ini Pemkot Cilegon mengambil tema “Kita Aktualisasi Nilai-Nilai
Universal Alquran dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”. Tahun ini
Kecamatan Cilegon berstatus menjadi tuan rumah yang digelar 27 Februari
hingga 3 Maret 2017. Salah satu peserta pawai terpantau melantunkan Mars
Aksi Bela Islam ciptaan Habib Rizieq Syihab.

“Di luar prediksi masyarakat membeludak. Semula kita prediksikan hanya di
bawah lima ribu peserta. Setiap kecamatan mengirimkan ribuan. Totalnya
hampir sepuluh ribu peserta. Tentunya kita senang atas antusias masyarakat. Ini tandanya masyarakat Cilegon peduli dan mencintai Alquran,” ungkap Andi
Affandi, ketua pelaksana Pawai Ta’aruf dalam sambutannya.

MTQ Cilegon ini mempertandingkan lomba tilawah remaja dan dewasa, tilawah qiro’at sab’ah, syahril Quran yang bertempat di Masjid As-Syuhada BBS III Ciwaduk. Kemudian, tafsir Bahasa Arab, Indonesia, Inggris di Masjid Al-Muhajirin, Ciwaduk; tahfidz 1 dan 5 juz di Masjid Al-Furqon, Palas, Bendungan; tahfidz 10, 20, 30 juz di Masjid Al-Ittihadiyah, Ciwaduk.

Selain itu, tilawal murrotal, kanak-kanak, canet di Masjid Al-Aziz, Ketileng; fahmil Quran di SMPN 2 Cilegon; khot Alquran di SMAN 1 Cilegon; qiroatul qutub dan khifdzil Hadits di Masjid Jami’atunnur, Ciwedus; dan musbaqoh makalah Alquran di Pondok Pesantren Al-Bustaniyah, Bagendung.

“Kita tetap komitmen sesuai dengan instruksi Pak Wali (walikota Cilegon)
agar tidak mengambil peserta dari luar Cilegon. Yang utama adalah pemberdayaan masyarakat Cilegon sebagai peserta MTQ. Saya harap jauh hari peserta sudah dipersiapkan,” ujar Taufiqurrohman, asisten sekretaris daerah (Asda) 1 Pemkot Cilegon.

Di setiap venue MTQ, panitia menyediakan warung amal gratis untuk masyarakat umum. Selama digelarnya MTQ ini, walikota Cilegon sudah mengeluarkan surat edaran pelarangan aktivas tempat hiburan malam.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Lompatan Kinerja Helmy Yahya

Yang harus dikelola Helmy bukan hanya peralatan yang jadul, namun juga anggaran yang sangat minim. Dengan jumlah karyawan terbatas, TVRI masih harus mengelola pemancar yang berlokasi di seluruh Nusantara, bahkan di pelosok negeri yang tidak marketable seperti di Pulau Miangas atau Rote.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER