Peserta MTQ Kota Cilegon Membeludak

CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon, Banten, secara resmi membuka gelaran Musabaqoh Tilawatil Quran, Senin (27/2) siang. Ajang syiar Islam tahunan di Cilegon ini ditandai dengan pawai ta’aruf yang diikuti ribuan peserta
MTQ, ormas Islam, aparat sipil negara (ASN),  dan pelajar dari delapan kecamatan di Kota Cilegon. Acara ini dimulai dari kantor walikota hingga rumah dinasnya.

Tahun ini Pemkot Cilegon mengambil tema “Kita Aktualisasi Nilai-Nilai
Universal Alquran dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”. Tahun ini
Kecamatan Cilegon berstatus menjadi tuan rumah yang digelar 27 Februari
hingga 3 Maret 2017. Salah satu peserta pawai terpantau melantunkan Mars
Aksi Bela Islam ciptaan Habib Rizieq Syihab.

“Di luar prediksi masyarakat membeludak. Semula kita prediksikan hanya di
bawah lima ribu peserta. Setiap kecamatan mengirimkan ribuan. Totalnya
hampir sepuluh ribu peserta. Tentunya kita senang atas antusias masyarakat. Ini tandanya masyarakat Cilegon peduli dan mencintai Alquran,” ungkap Andi
Affandi, ketua pelaksana Pawai Ta’aruf dalam sambutannya.

MTQ Cilegon ini mempertandingkan lomba tilawah remaja dan dewasa, tilawah qiro’at sab’ah, syahril Quran yang bertempat di Masjid As-Syuhada BBS III Ciwaduk. Kemudian, tafsir Bahasa Arab, Indonesia, Inggris di Masjid Al-Muhajirin, Ciwaduk; tahfidz 1 dan 5 juz di Masjid Al-Furqon, Palas, Bendungan; tahfidz 10, 20, 30 juz di Masjid Al-Ittihadiyah, Ciwaduk.

Selain itu, tilawal murrotal, kanak-kanak, canet di Masjid Al-Aziz, Ketileng; fahmil Quran di SMPN 2 Cilegon; khot Alquran di SMAN 1 Cilegon; qiroatul qutub dan khifdzil Hadits di Masjid Jami’atunnur, Ciwedus; dan musbaqoh makalah Alquran di Pondok Pesantren Al-Bustaniyah, Bagendung.

“Kita tetap komitmen sesuai dengan instruksi Pak Wali (walikota Cilegon)
agar tidak mengambil peserta dari luar Cilegon. Yang utama adalah pemberdayaan masyarakat Cilegon sebagai peserta MTQ. Saya harap jauh hari peserta sudah dipersiapkan,” ujar Taufiqurrohman, asisten sekretaris daerah (Asda) 1 Pemkot Cilegon.

Di setiap venue MTQ, panitia menyediakan warung amal gratis untuk masyarakat umum. Selama digelarnya MTQ ini, walikota Cilegon sudah mengeluarkan surat edaran pelarangan aktivas tempat hiburan malam.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Islam Mementingkan Sasaran, Bukan Sarana

Karena itu, term NKRI Bersyariah, itu sejatinya bid’ah; tidak ada presedennya dalam sejarah Islam alias mengada-ada. Sesuatu yang bid’ah semestinya dijauhi oleh para pengikut Rasulullah Saw. Apalagi jika istilah ini diniatkan untuk hajat politik yang pragmatis.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER