Pemprov DKI Akan Bentuk BLUD SMK

0
35
siswa SMK
Siswa SMK sedang praktik di bengkel sekolah. (Foto: istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membentuk badan layanan umum daerah (BLUD) sekolah menengah kejuruan (SMK).

“Dengan dibentuknya BLUD tersebut, diharapkan potensi siswa-siswi SMK di Jakarta dapat lebih berkembang,” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Sopan Adrianto di Jakarta, Rabu (28/3).

Menurut dia, nantinya akan terdapat tujuh satuan perangkat kerja daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta yang akan dilibatkan dalam pembentukan BLUD tersebut.

Tujuh SKPD tersebut, diantaranya Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD), Biro Hukum dan Inspektorat Provinsi DKI Jakarta.

“Sebetulnya kami sudah menginisiasi pembentukan BLUD SMK sejak 2015 lalu, namun belum terealisasi sampai sekarang. Nanti ada tujuh SKPD yang akan terlibat didalamnya,” ujar Sopan.

Lebih lanjut, dia menuturkan dengan adanya Lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak 1 (LSP-P1) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang saat ini sudah dilakukan, maka diharapkan dapat menjadi awal pembahasan pembentukan BLUD SMK.

“Sekarang ini tercatat ada sebanyak 78 SMK di Jakarta. Dari jumlah tersebut, baru 34 SMK diantaranya yang sudah mendapatkan sertifikat LSP-P1,” tutur Sopan.

Dia pun berharap kedepannya akan lebih banyak lagi SMK di Jakarta yang mendapatkan sertifikat LSP-P1. Sementara itu, terkait pembentukan BLUD SMK, pihaknya akan segera menggelar rapat pembahasan. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...