Pemprov Banten Optimalkan Pencegahan Stunting

LEBAK, SERUJI.CO.ID – Sekretaris Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Banten Muhammad Husen mengatakan pemerintah provinsi dapat megoptimalkan pencegahan stunting atau pertumbuhan tubuh kerdil bayi akibat kekerungan nutrisi gizi.

“Kita akan kehilangan generasi jika penderita stunting itu tidak dilakukan pencegahan,” kata Muhammad Husen di Lebak, Senin (9/4).

Selama ini, penderita stunting di Provinsi Banten cukup tinggi sehingga perlu penanganan secara komprehensif dengan melibatkan berbagai komponan mulai kepala daerah, Dinas Kesehatan, petugas medis, posyandu, tokoh agama, masyarakat, penguysaha dan relawan.

Selain itu juga dioptimalkan sosialisasi prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Pihaknya mengapresiasi Kejadian Luar Biasa (KLB) gizi buruk di Kabupaten Lebak tahun 2005 adanya partisipasi pengusaha yang menyalurkan bantuan dana untuk pasien penderita gizi buruk yang dirawat di RSUD Adjidarmo Rangkasbitung.

Dimana saat itu juga terjadi penyakit polio atau kelumpuhan yang menimpa anak-anak tersebar di sejumlah daerah di Kabupatn Lebak.

“Kami berharap anak-anak penderita stunting juga mendapat bantuan dan penanganan khusus agar mereka kembali hidup sehat,” kata anggota DPRD Kabupaten Lebak.

Menurut dia, Pemprov Banten segera melakukan intervensi dengan mengalokasikan dana pemberian makanan tambahan (PMT) seperti biskuit dan susu juga vitamin.

Selain itu juga menyalurkan program pembangunan sanitasi agar mereka memiliki jamban yang sehat.

Sebab, masyarakat Banten hingga kini masih banyak buang air besar (BAB) di tempat sembarangan, seperti daerah aliran sungai, kebun dan drainase/selokan.

Begitu juga petugas medis mengintensifkan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan anak.

Sebab, jika ibu hamil mengalami kekurangan nutrisi gizi maka akan melahirkan anak penderita stunting.

“Kita berharap kekurangan nutrisi gizi baik ibu hamil dan anak mendapatkan bantuan PMT,” katanya.

Gubernur Banten Wahidin Halim menekankan agar Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten mengintruksikan Dinas Kesehatan agar langsung ke masyarakat melihat kondisi kesehatan, di antaranya balita penderita gizi buruk atau gizi kurang serta kekurangan asupan vitamin, termasuk ibu hamil.

“Kita minta petugas medis memberikan pelayanan kesehatan masyarakat guna mencegah stunting itu, katanya menjelaskan.

Pelaksana Program Gizi Puskesmas Kalanganyar Kabupaten Lebak Rena Kurnia Febriana mengatakan selama ini, angka ibu hamil di wilayahnya yang mengalami kurang energi kronik (KEK) cukup tinggi hingga tercatat 51 orang.

Mereka masuk kategori KEK setelah dilakukan lingkar lengan atas hanya 23,50 sentimeter dengan berat badan 45 kilogram.

Ibu hamil yang masuk kategori KEK tentu akan melahirkan anak stunting akibat kekurangan nutrisi gizi.

Sedangkan, jumlah balita di Kecamatan Kalanganyar tercatat 3.397 anak dan di antaranya sembilan anak teridentifikasi gizi buruk.

“Kami rutin per triwulan menyalurkan PMT berupa biskuit dan susu bagi balita yang mengalami nutrisi gizi yang disalurkan melalui tenaga bidan desa,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengenal Lebih Dekat Komisi Anti Korupsi Hongkong

Hubungan persahabatan antara KPK dan ICAC telah terjalin dengan baik selama dua tahun terakhir. Kerjasama kedua lembaga anti rasuah tersebut sebagian besar menyangkut peningkatan kapasitas KPK, terutama dibidang akuntansi forensik, pemulihan aset, dan tehnik investigasi.

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.