OK OCE Setelah Dipatenkan, Kini jadi Akademi

3
221
ok oce
Peluncuran OK-OCE Academy oleh Sandiaga Uno bersama Kepala BPTSP Jakarta, Edy Junaedi yang akan memberikan kemudahan pengurusan izin peserta program . (FOTO: @sandiuno)

JAKARTA – Keseriusan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno, dalam menjalankan program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE) tidak berhenti hanya pada mematenkan program tersebut pada 23 Februari 2017 lalu yang didaftarkan ke Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Lebih lanjut meski belum resmi dilantik sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017 – 2022, Sandiaga meluncurkan OK OCE Academy untuk mempersiapkan program ini agar berjalan efektif.

Menurut Sandiaga program ini digunakan untuk menekan angka pengangguran di DKI Jakarta dengan jalur wiraswasta.

“Sekarang banyak yang menganggur dan mencari kerja itu susah. Saya rasa cara yang dapat menampung pekerja itu adalah dengan jalan wirausaha. Saya yakin kebijakan ini mampu mengurangi pengangguran. Tugas Pemprov DKI Jakarta adalah mempermudah perijinannya,” kata Sandiaga di Mal Pantai Indah Kapuk (PIK) Avenue, Jakarta, pada Rabu (17/5)

Lebih lanjut, Sandiaga menegaskan bahwa program ini juga akan menjawab problema penciptaan lapangan kerja, yakni soal lahan usaha dan perizinan.

“Nah, OK OCE Academy ini menjawab beberapa tantangan yang kita hadirkan untuk penciptaan lapangan kerja. Salah satu tantangannya adalah lahan usaha. Di sini ada Pak Andawira dengan Perhimpunan Pengusaha Jasa Kantor Bersama Indonesia (PERJAKBI) yang bekerjasama untuk menyediakan lahan usaha,” lanjut Sandiaga.

Tantangan dunia usaha lain, kata Sandiaga, yang akan dijawab OK OCE Academy adalah perizinan. Sandiaga berharap Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) bisa berkolaborasi ke depan.

“Kemudahan perizinan tentunya kami ingin semakin hari ini, ease of doing business di Jakarta semakin baik. Nanti kami akan berkolaborasi dengan tim sinkronisasi serta Badan Perizinan,” ujar Sandiaga.

Tidak hanya itu, melalui program ini, Sandiaga menyebutkan bahwa Pemprov DKI Jakarta juga akan memfasilitasi para pelaku usaha pemula untuk mendapatkan akses ke institusi perbankan guna mendapatkan permodalan.

“Sebenarnya OK OCE ini difokuskan untuk menggandeng institusi perbankan untuk permodalan. Karena kami melihat kebutuhan modal yang sangat besar, maka kami menginginkan APBD fokus untuk membangun infrastruktur, kesehatan, dan program pendidikan yang lebih baik,” jelas Sandiaga.

Hadir pula dalam peluncuran OK OCE Academy, Kepala Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Pemprov DKI Jakarta, Edi Junaidi.

Edy Junaedi, mengatakan program OK OCE dapat untuk menaikkan peringkat ISO Doing Business DKI Jakarta.

“Tahun ini kami punya target untuk masuk ke Top 40 dari peringkat ISO Agribisnis. Tentunya banyak deregulasi yang akan kami lakukan, simplifikasi, kemudahan prosedur, biaya dan sebagainya untuk nantinya bisa mendongkrak ini lebih cepat,” kata Edy yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal

Edy menjelaskan bahwa konsep virtual office yang diusung oleh OK OCE Academy sangat selaras dengan target tersebut. Karena, menurutnya, hal tersebut akan lebih memudahkan untuk dapat memberikan perizinan bagi usaha pemula.

“Pemprov DKI Jakarta terus mendukung program penguatan usaha kecil menengah di ibukota. Untuk itu, pengurusan izin dari virtual office atau lainnya akan dilakukan sesuai prosedur yang berlaku,” jelas Edy.

 

CJ: Jarot Sumarjono
EDITOR: Iwan Y

BAGIKAN
loading...

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Jokowi

Presiden Bertolak ke Turki Hadiri KTT OKI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Jokowi bertolak ke Istanbul, Turki, untuk menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk membahas...
difteri yaman

32 Orang Tewas Diduga Terserang Difteri di Yaman

SANA'A, SERUJI.CO.ID - Kementerian Kesehatan yang dikuasai gerilyawan Syiah Yaman Al-Houthi pada Senin (11/12) mengatakan 32 orang telah meninggal akibat penyakit yang diduga adalah...

Yogyakarta Terima Penghargaan Kota Cerdas Indonesia 2017

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Walikota Yogyakarta, Drs Haryadi Suyuti menerima penghargaan atas capaian prestasi yang diraih Kota Yogyakarta dalam Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017...

KANAL WARGA TERBARU

Point Blur_Dec122017_090245

Empat Tahun Bocah Ini Berjuang Dengan Penyakitnya

Kotawaringin Barat - Diky Supratman (16) anak dari pasangan Mustofa dan Marni jl. Ahamd Yani gg. Baning RT 29 Kelurahan Baru Arut Selatan Kotawaringin...
perbedaan-fasilitas-bpjs-kesehatan-kelas-1-2-3

NIK Bermasalah di Sistem BPJS, Bagaimana Mengatasinya?

Nomor KTP atau resminya Nomor Induk Kependudukan (NIK) atas nama seorang pasien bernama Suratini ditemukan bermasalah oleh petugas pendaftaran RS UGM, Ahad (10/12) siang....
KH. Luthfi Bashori

Perintah Bernahi Munkar

Membiarkan kemunkaran terjad di depan mata, adalah perbuatan tercela. Muslim yang baik adalah muslim yang peduli terhadap kemashlahatan lingkunganya, sekira jika terjadi kemaksiatan di...