Kota Tangerang Raih Penghargaan “Smart City 2017”

0
100
Launching e-plesiran
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meresmikan aplikasi e-Plesiran. (Foto: Istimewa)

TANGERANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Tangerang kembali meraih penghargaan Smart City 2017 dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk aplikasi e-plesiran yang ada di aplikasi Tangerang LIVE.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki kepada Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dadi budaeri dalam acara Seminar & Penghargaan Menuju 100 Smart City 2017 di Jakarta, Kamis (16/11).

Wali Kota Tangerang Arief S Wismansyah menyatakan daerah ini termasuk dalam 24 kota/kabupaten yang terpilih di tahap pertama Gerakan Menuju 100 Smart City yang dicanangkan di Kota Makasar tahun 2016, dan telah berhasil menyusun smart city masterplan.

“Di dalam smart city masterplan terdapat berbagai program yang memanfaatkan teknologi untuk menjawab berbagai tantangan dan peluang sampai 10 tahun ke depan,” katanya.

Gerakan menuju 100 smart city ini merupakan program bersama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kemendagri, Kemen PUPR, Bappenas, dan kantor staf kepresidenan dengan tujuan pemda dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kota Tangerang punya aplikasi Tangerang LIVE, yang bisa disebut ‘one stop application’ karena di dalamnya ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan masyarakat untuk berbagai kebutuhan,” kata Wali Kota.

Tak sampai di situ, dalam acara yang dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Wali Kota juga menyampaikan dalam menuju smart city, Pemkot terus melakukan berbagai perkembangan terhadap aplikasi Tangerang Live.

“Tahun 2017 ini kami sebutnya Tangerang Live 2.0, dan pada tahun depan kita naik ke 3.0 dan nanti kami pake sistem geospasial, supaya lebih detail pendataannya,” jelasnya.

Wali Kota juga menawarkan kepada seluruh tamu undangan yang hadir jika ingin mengadopsi seluruh aplikasi yang dimiliki oleh pemkot Tangerang untuk dapat digunakan di daerahnya masing – masing.

“Silahkan kalau ada dari daerah lain yang mau pakai aplikasi milik kota Tangerang, kami dengan senang hati untuk berbagi supaya bisa bersama sama mencapai Smart City di Indonesia,” katanya. (SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Hari Reresik Malioboro

Wisatawan Keluhkan Mahalnya Tarif Parkir di Yogyakarta

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Keluhan wisatawan terkait tarif parkir kendaraan yang melebihi ketentuan saat libur Lebaran, khususnya di kawasan wisata Kota Yogyakarta mewarnai lini massa di...

Seorang Warga Nunukan Digigit Buaya

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID - Seorang warga Kampung Mamolo, Kelurahan Tanjung Harapan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengalami luka-luka akibat digigit buaya pada Ahad (17/6), sekitar pukul 10.30...
Mochamad Iriawan

Terungkap Pengusul Iriawan Sebagai Pj Gubernur Jabar, Mendagri: Presiden Jokowi

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Teka-teki siapa pengusul Komisari Jendral Polisi M. Iriawan sebagai Pejabat Gubernur Jawa Barat, menggantikan Ahmad Heryawan, terjawab saat pelantikan Iriawan yang...

Satpam Sekolah Gagalkan Pencurian Laptop

PONOROGO, SERUJI.CO.ID - Satpam SMPN 2 Jetis, Marni menggagalkan pencurian "laptop" atau komputer jinjing yang dilakukan dua orang tersangka, Randy dan Dika keduanya warga Kabupaten...

Abrasi Laut Ancam Wisata Tanjung Lesung

BANTEN, SERUJI.CO.ID - Abrasi air laut berpotensi mengancam puluhan meter jalan utama menuju destinasi wisata Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang menjadi pilihan favorit...