Kemristekdikti Perluas Kredit Pendidikan untuk Sarjana


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) akan memperluas kredit atau pinjaman pendidikan tidak hanya pada tingkat pascasarjana tetapi juga sarjana.

“Jika berdasarkan Undang-undang 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi dikatakan pinjaman pendidikan tanpa bunga, tapi itu untuk anak miskin atau anak tidak mampu. Nah sekarang beasiswanya sudah untuk pinjaman belum, karena mereka milih beasiswa dari pada meminjam,” ujar Sekretaris Jenderal Kemristekdikiti, Prof Ainun Naim, di Jakarta, Jumat (23/3).

Namun untuk mahasiswa yang ekonominya menengah, lanjut dia, pihaknya akan mengupayakan agar bisa mengajukan kredit pendidikan untuk tingkat sarjana. Menurut dia, perbankan tertarik untuk memberikan kredit pinjaman untuk sarjana.

” Nanti akan diperluas, karena kami lihat perbankan tertarik untuk ini,” katanya.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan produk BRIGUNA Flexi Pendidikan yang merupakan produk pinjaman dengan skema pembiayaan yang dikhususkan untuk mahasiswa magister (S2) dan doktoral ( S3) yang sudah memiliki penghasilan tetap.

“Nantinya akan diperbaiki skemanya, baik dari sisi perguruan tingginya, proses pembelajarannya dan kurikulumnya, sehingga lulusan memiliki kompetensi untuk bekerja disamping hubungan antara institusi akademik dengan industri, sehingga begitu lulus dan bekerja bisa mencicil kredit pinjamannya,” katanya.

Ainun mencontohkan dulu waktu era Kredit Mahasiswa Indonesia (KMI), banyak mahasiswa yang sudah lulus dan bekerja. Meski ada yang tidak mengembalikan, lanjut dia, tapi yang mengembalikan juga banyak.

“Kalau di Australia itu. mahasiswa mengembalikan kalau sudah bekerja tapi pada penghasilan tertentu, yakni 50.000 dolar baru mahasiswa tersebut mencicil sebesar empat persen. Tapi itupun juga tidak mudah, misalnya jika mereka pergi ke luar negeri dan ganti warga negara. Ada kasusnya seperti itu,” paparrnya.

Ainun menilai pinjaman pendidikan tersebut termasuk kategori produktif karena bisa memberikan fasilitas mahasiswa hingga lulus. Meskipun demikian, sampai sekarang ini tidak ada jaminan pemerintah mengenai kredit pendidikan itu.

“Mungkin nanti kita pikirkan, mungkin ada subsidi, baru kita pikirkan subsidi bunga, kayak kredit untuk pengusaha kecil,” cetus Ainun. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

Utang RI Meroket Rp4.778 Triliun, Sri Mulyani: Kita Masih Lebih Hati-hati Dibanding Malaysia

Bahkan, jika dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, jelas Sri Mulyani, pengendalian utang Indonesia jauh lebih hati-hati.

TERPOPULER

Manfaat Belerang untuk Mengobati Berbagai Masalah Kulit

Pantas saja banyak orang yang gemar berkunjung ke pemandian air panas. Ternyata ini manfaat belerang untuk kulit.
close