Kemdikbud Targetkan UNBK 100 Persen Tahun 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menargetkan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dapat diselenggarakan secara keseluruhan atau 100 persen pada tahun depan.

“Kami targetkan pelaksanaan UNBK pada tahun 2019 bisa berlangsung 100 persen melalui konsep berbagi sumber daya yang ada. Itu yang perlu kami dorong agar kesadaran masyarakat meningkat, misalnya komputer kurang sementara di rumah ada komputer yang tidak terpakai, jadi bisa dipinjam sepanjang pemakainnya betul,” kata Inspektur Jenderal Kemdikbud Daryanto usai peninjauan pelaksanaan UN tingkat SMA di Jakarta, Senin (9/4).

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga sudah bekerja sama dengan Telkom untuk membantu menyediakan base transceiver station (BTS) bergerak untuk di daerah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T).

“Ke depan, anak-anak SMP juga bisa menumpang ujian di SMA,” ujarnya.

Selain itu, prosedur dan mekanismenya juga ditata dan proktor ditambah, kemudian dilatih dan diuji untuk mengatasi masalah yang ada di UNBK.

Pada tahun 2018, sebanyak 6.293.552 peserta didik dari setiap jenjang pendidikan dan kesetaraan mengikuti UNBK. Jumlah ini meningkat signifikan, mencapai 166 persen dari tahun sebelumnya, yang mencapai 3,7 juta peserta.

Provinsi yang menyelenggarakan 100 persen UNBK pada jenjang SMK, yaitu Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, D.I. Yogyakarta, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Lampung, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Tengah.

Pada jenjang SMA, provinsi yang menyelenggarakan 100 persen UNBK di antaranya Provinsi Aceh, Banten, Bangka Belitung, D.I. Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Nusa Tenggara Barat.

Provinsi yang menyelenggarakan 100 persen UNBK pada jenjang SMP, di antaranya Provinsi DKI Jakarta dan D.I. Yogyakarta. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER