Kemdikbud Buka Kembali Pendaftaran Beasiswa Unggulan 2018

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali membuka pendaftaran Beasiswa Unggulan untuk 2018 mulai 20 Maret hingga 19 April.

“Beasiswa ini diberikan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan baik melalui jalur gelar maupun non gelar,” ujar Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (PKLN) Kemdikbud, Ir Suharti MA PhD, di Jakarta, Kamis (29/3).

Suharti menjelaskan beasiswa tersebut diutamakan untuk bidang-bidang yang relevan pada pengembangan pendidikan dan kebudayaan. Bidang prioritas tersebut yakni pendidikan (Pendidikan PAUD, Pendidikan PGSD), kurikulum dan pedagogi, manajemen dan kebijakan Pendidikan, Perfilman, seni pertunjukan, seni musik, kebudayaan, perpustakaan, arkeologi (Permuseuman), teknologi informasi, kebijakan publik, pariwisata, industri kreatif, teknologi pangan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), maritim, pertanian, dan energi.

“Beasiswa ini mendukung upaya pemerintah dalam memperkecil kesenjangan kinerja pendidikan antarkelompok masyarakat, sehingga program ini juga memberikan peluang lebih besar bagi masyarakat miskin dan yang berada di daerah 3T,” kata Suharti lagi.

Pada tahun ini, lanjut dia, pihaknya memberi bobot penilaian lebih besar jika berasal dari daerah tertinggal. Selama ini, pelamar beasiswa yang berasal dari daerah 3T sangat sedikit.

“Kalau menggunakan penilaian yang sama, pasti kalah dari pelamar dari Jawa dan Bali,” tambah dia.

Untuk pendaftaran dilakukan secara “online” atau dalam jaringan melalui laman http://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/.

Untuk pendaftaran dilakukan pada 20 Maret hingga 19 April 2018. Kemudian seleksi tahap satu dan dua pada 20 April sampai dengan 14 Mei 2018. Sedangkan pengumuman pada 15 Mei 2018. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER