Hunian Vertikal High-Rise Dinilai Banyak Kelemahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pakar tata kota dan arsitek Marco Kusumawijaya mengatakan perpindahan dari rumah tapak ke rumah susun di Jakarta terkesan tanpa transisi sehingga yang dibangun adalah apartemen yang sangat tinggi (high-rise) di berbagai lokasi ibu kota.

“Kita harus berhati-hati dalam menerapkan konsep hunian yang bersifat vertikal,” kata Marco Kusumawijaya dalam diskusi yang digelar di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, patut dipertanyakan mengapa seakan-akan penerapan hunian vertikal terkesan “meloncat” dari rumah tapak ke apartemen high-rise setinggi hingga puluhan lantai.

Padahal, lanjutnya, hal yang terbaik adalah membangun rumah susun yang tidak terlalu tinggi, atau rata-rata hanya 4-8 lantai, seperti yang terdapat di sejumlah kota kontinental benua Eropa.

Marco yang juga menjabat sebagai Direktur Rujak Center for Urban Studies itu juga mengemukakan, kelemahan hunian vertikal yang sangat tinggi selain harga pembangunannya yang lebih mahal, juga bakal lebih rentan terhadap aksi spekulan dari mereka yang berkecimpung dalam jual beli properti.

Sebelumnya, konsultan properti Jones Lang LaSalle (JLL) menyatakan pasar kondominium atau hunian vertikal pada saat ini cukup stabil dan masih menunjukkan pergerakan yang cukup aktif di kelas menengah ke bawah.

“Aktivitas penjualan pasar kondominium secara umum berada di tingkat yang cukup stabil selama enam bulan terakhir,” kata Head of Residential JLL Indonesia, Luke Rowe, dalam paparan properti yang digelar di Jakarta, Rabu (11/10).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER