Empat Kecamatan di Serang Dijadikan Budidaya Ikan Air Tawar

0
19
Penyusunan Detile Enginering Design
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (kiri) dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Budi Mulyono (kanan) saat memaparkan laporan akhir penyusunan Detile Enginering Design (DED) di Pendopo Kabupaten Serang, Senin, 13/11/2017. (Foto: Rizki A/SERUJI)

SERANG, SERUJI.CO.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Serang akan membuat kawasan perikanan budidaya air tawar di empat kecamatan yakni Baros, Pabuaran, Ciomas, dan Padarincang.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Serang Budi Mulyono setelah memaparkan laporan akhir penyusunan Detile Enginering Design (DED) di Pendopo Kabupaten Serang, Senin (13/11).

Mulyono menjelaskan, setelah melakukan kajian dengan pengguna lahan dan tata ruang dan memutuskan empat kecamatan tersebut digunakan sebagai kawasan budi daya ikan air tawar karena kecamatan tersebut masyarakatnya memiliki kebiasaan budidaya ikan.

“Selain kondisi air bagus, masayarakat juga sudah terbiasa dengan budidaya ikan tersebut. Selanjutnya, akan diurus legalitas dengan kerjasama dinas permukiman,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, saat ini Kecamatan Baros akan dijadikan pilot project untuk budidaya ikan terlebih dahulu. Karena, lahan dan cuaca mendukung di Kecamatan tersebut.

“Karena project ini belum berjalan seutuhnya kita fokuskan ke Kecamatan Baros, setelah itu akan dijalankan kepada tiga kecamatan,” imbuhnya.

Semetara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi budidaya ikan air tawar yang sudah menjadi pembahasan sejak tahun 2005 dan bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) sehingga saat mulai berjalan pengadaan lahan.

“Kami menetapkan Kecamatan Baros untuk memulai terlebih dahulu, dengan adanya kerjasama dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk berbagi tugas yangs sesuai tupoksinya,” ujarnya.

Tatu juga mengatakan, Pihak UGM akan membantu akses ke pusat agar program tersebut bisa berjalan lanacar. Dengan harapan dana yang masih belum tercover bisa terbantu melalui bantuan tersebut. Ia juga berharap dengan adanya kawasan budidaya ikan air tawar bisa meningkatkan Indeks Prestasi Masyarakat (IPM) di Kabupaten Serang.

“Dampak dari project ini adalah bisa meningkatkan IPM dari daya beli dengan menjadikan pariwisata dan budidaya ikan. Pemda Kabupaten Serang mendukung sepenuhnya untuk pelaksanaan program tersebut, dan meminta seluruh OPD bisa bekerjasama,” tuturnya. (Rizki/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Danau Lawutung

Eksotis, Danau Lawutung Masih Menyimpan Mistis

SUMBA, SERUJI.CO.ID - Danau Lawutung yang terletak di desa Kadahang kecamatan Hahar, kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) salah satu danau yang berada...

KNPI NTT Minta Novanto Kooperatif Hadapai Proses Hukum

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Kasus Korupsi KTP-el yang menimpa Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, jadi perhatian Dewan Pimpinan Daerah (DPD)...
Pembagian kartu e-tol

Dibuka Awal 2018, Tol Soker Hanya Layani Transaksi Non Tunai

SOLO, SERUJI.CO.ID - Tol Solo-Kertosono (Soker) mulai dioperasikan pada Januari 2018. Sistem pembayaran tol sepenuhnya akan dilakukan secara nontunai atau menggunakan kartu e-toll. Pembayaran dengan...

KANAL WARGA TERBARU

1

Suami yang Bertanggungjawab

Suami yang Bertanggungjawab Sore itu, saya sedang nemeni anak bermain sambil baca-baca SERUJI . Terdengar suara motor memasuki halaman rumah, sesaat kemudian  seorang bapak-bapak  bicara...
20171119_103818

Empat Cara Mengenali Seseorang dari Akun Sosial Media Miliknya

1. Cara penulisan kata2 2. Cara berkomunikasi dengan orang lain (bahasa) 3. Perilaku bersosmed. Apa aja yg diupload. Membaca eksistensi dan pengakuan yg diharapkan dan diperoleh. 4....
Posyandu

Masuk 10 Besar Kabupaten, Posyandu Dewi Asih Jalani Penilaian Lomba

KLATEN, SERUJI.CO.ID - Posyandu Dewi Asih, Desa Dukuh, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, pada Rabu (25/10), menjalani penilaian lomba Posyandu tingkat Kabupaten. Tim penilai bukan hanya...