Dua Hari Jelang Cuti, Ahok Keluarkan Pergub Untungkan Pengembang

0
102

JAKARTA – Fakta sikap keberpihakan calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok kepada pengembang reklamasi teluk Jakarta kembali terkuak.

Pasalnya, calon incumbent itu sengaja mengeluarkan Peraturan Gubernur nomor 206 tahun 2016 tentang Panduan Rancangan Kota Pulau C, Pulau D dan Pulau E Hasil Reklamasi Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta jelang dua hari cuti Pilkadanya berlaku.

Menurut Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta (KSTJ) yang terdiri dari LBH Jakarta dan Walhi itu, Pergub tersebut sangatlah menguntungkan pihak pengembang reklamasi untuk mendirikan bangunan di pulau buatan tersebut.

“Sehingga integritas Gubernur Ahok ini layak dipertanyakan,” ujar Koordinator KSTJ Tigor Hutapea saat jumpa pers di kantor LBH Jakarta, Senin (16/1)

Tigor juga menyebutkan, Pergub ini jelas bermasalah karena acuannya seharusnya Raperda tentang RTRW dan Raperda Zonasi untuk kawasan Pantai Utara Jakarta. “Yang sampai saat ini belum juga disahkan,” tuturnya.

Selain itu, Tigor menyebutkan, penerbitan Pergub tersebut sangatlah tidak etis, melanggar hukum dan mengkhianati mandat Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas penataan pesisir Teluk Jakarta.

“Pergub ini juga diterbitkan secara sepihak tanpa proses partisipasi warga maupun organisasi lingkungan yang berkepentingan terhadap perlindungan lingkungan,” jelasnya.

Selain itu, menurut peneliti dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Nelson dalam hal menerbitkan Pergub tersebut ada beberapa tata cara yang harus dilalui oleh Pemprov DKI Jakarta.

Pertama harus ada kajian lingkungan strategis sebagaimana yang diatur dalam PP nomor 46 tahun 2016 kemudian, perumusan rencana tata ruang wilayah beserta rencana rincinya.

“Jikalaupun berdalih menjadikan aturan organiknya dari Perda nomor 8 tahun 1995 tidak bisa dibenarkan karena masih mengacu desain reklamasi yang lama yang sudah berubah jauh,” tuturnya.

Dengan Pergub ini pihak Pengembang reklamasi yakni Agung Podomoro cs dapat langsung menjual unit baik itu apartemen, hotel, kantor dan rumah hunian. “Padahal, status reklamasi teluk Jakarta masih berada dalam moratorium untuk dikaji ulang,” jelas Nelson.

Untuk itulah integritas Ahok layak dipertanyakan. “Karena menunjukan itikad tidak baik melindungi proyek bermasalah,” Tambahnya lagi.(Bm)

Keterangan Foto : Ilustrasi
Reporter : BE
Editor : BE

Komentar

BACA JUGA

Akhir Musim 2018, Tim Tech 3 Berpisah Dengan Yamaha

TOKYO, SERUJI.CO.ID - Tim Tech3 MotoGP akan mengakhiri kemitraan mereka dengan Yamaha pada akhir musim, demikian diumumkan pabrikan Jepang itu pada Kamis (22/2). Tim itu,...
Bandung Banjir

Hujan Deras Tiada Henti, Beberapa Ruas Jalan di Bandung Tergenang Air

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur sejak Kamis (22/2) sore hingga tengah malam membuat beberapa ruas jalan di Kota Bandung, Jawa Barat tergenang air. Beberapa...

Meski Menang 2-0 dari RB Leipzig di Liga Europa, Napoli Tersingkir

BERN, SERUJI.CO.ID - Pemuncak klasemen Liga Italia Napoli hampir mencatatkan kebangkitan dramatis di Liga Europa ketika mereka menang 2-0 di markas RB Leipzig, namun mereka...
novel baswedan

Fadli Zon Berharap Kasus Penyerangan Terhadap Novel Diusut Tuntas

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua DPR Fadli Zon berharap kasus penyerangan terhadap Penyidik KPK Novel Baswedan segera diusut hingga tuntas. "Siapa pun yang melakukan tindak...

Relawan Nasionalis Dukung Penuh Gus Ipul-Puti

MALANG, SERUJI.CO.ID - Relawan kaum nasionalis di Malang Raya memutuskan dukungan untuk calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan calon Wakil Gubernur...
loading...
IMG-20180222-WA0019

Dinas Ketahanan Pangan Gandeng Fatayat NU Lakukan Ini

Kotawaringin Barat - Dinas katahanan pangan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah, Rabu (21/2) memberikan pelatihan keterampilan membuat sapu lidi kepada masyarakat desa Sebuai...

Keistimewaan Air Bekas Wudhu terhadap Kehidupan Tanaman

Air sebagai sumber kehidupan sudah menjadi pengetahuan umum. Sementara di bumi kondisi air macam-macam. Dari berbagai macam air itu ternyata berbeda-beda pula terhadap tanaman. Untuk...
IMG20180222054602

Kota Ini Mulai Dikepung Kabut Asap, Siapa Pelakunya..?

Kotawaringin Barat - Hampir sepekan udara kota Pangkalan Bun tampaknya sudah tidak bersahabat. Kebut asap mulai menyeruak aromanya tercium tidak sedap hanya karena ulah...