PSM Makassar

PSM Makassar Taklukkan Madura United 6-1

Fatih Seferagic

Fatih Seferagic Jadi Imam Masjid Alumni IPB

Din Syamsuddin Ingatkan Anies-Sandi Konsisten Berada di Atas Semua Golongan

0
49
Din Syamsuddin
Din Syamsuddin, ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005-2015. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin berpesan kepada pemimpin Jakarta yang baru, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, untuk tetap konsisten dalam memimpin ibu kota secara universal atau berada di atas semua golongan.

“Tetap ‘istiqamah’ sebagai pemimpin suatu wilayah yang sangat khusus dari ibu kota. Oleh karena itu, gubernur-wakil gubernur harus berada di atas semua golongan, mengayomi seluruh elemen masyarakat baik yang memilih atau tidak memilihnya,” kata Din, di Jakarta, Rabu (25/10).

Dengan demikian, menurut dia, persatuan dan kebersamaan akan menjadi modal bagi pelaksanaan program-program pemimpin Jakarta yang baru. Jakarta adalah etalase Indonesia yang majemuk, sehingga pemimpin baru harus mengembangkan ibu kota ke arah kemajemukan sejati, katanya lagi.

Pengembangan kemajemukan sejati itu, kata dia, bisa dilakukan dengan memberikan sesuatu sesuai posisi dan perannya, tidak membiarkan ada pihak yang menguasai atau mendominasi lainnya.

“Karena kalau itu terjadi, maka akan merusak kemajemukan dan kemajemukan itu milik kita semua. Saya berdoa, berharap, kebetulan saya kenal beliau berdua, saya yakin Anies-Sandi akan bisa menjalankan amanat dengan baik,” katanya lagi.

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu, juga berpesan kepada Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai pemangku amanat agar mewujudkan janji-janjinya semasa kampanye.

Tidak kalah penting juga, kata Din, agar pemimpin baru Jakarta bisa melanjutkan hal-hal yang baik dari orang nomor satu ibu kota periode sebelumnya.

Anies-Sandi, lanjut dia, agar meneruskan hal-hal yang baik-baik dari masa lampau dan menciptakan yang terbaik dari masa sekarang.

Din merujuk kaidah “ushul fiqih” dalam agama Islam yaitu Anies-Sandi sebaiknya tidak memulai programnya dari nol atau menegasikan kebaikan-kebaikan yang telah ada dari pemimpin Jakarta sebelumnya.

“Kebaikan-kebaikan yang telah ditunjukkan gubernur-gubernur sejak era lama terutama beberapa yang terakhir tidak ada salahnya untuk dilanjutkan,” kata dia pula.

Sementara bagi para pendukung Anies-Sandi, kata Din, jangan terlalu bereuforia dalam memberi pembelaan. Bagi pihak yang tidak mendukung juga tidak perlu selalu sinis apalagi menghalangi jalan roda pemerintahan Anies-Sandi.

“Mari kebersamaan ini kita tegakkan, kita kembali pada titik kebersamaan sebagai bangsa dan sebagai warga negara serta sebagai penduduk Jakarta,” kata dia. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Pembagian kartu e-tol

Dibuka Awal 2018, Tol Soker Hanya Layani Transaksi Non Tunai

SOLO, SERUJI.CO.ID - Tol Solo-Kertosono (Soker) mulai dioperasikan pada Januari 2018. Sistem pembayaran tol sepenuhnya akan dilakukan secara nontunai atau menggunakan kartu e-toll. Pembayaran dengan...
Operasi Zebra Turangga 2017

Pelanggaran Operasi Zebra Didominasi Pelajar dan Mahasiswa

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Sampai hari terakhir Operasi Zebra Turangga 2017 di kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) tercatat pelanggaran lalu lintas didominasi oleh pelajar dan mahasiswa. “Ini...
Petani tutup jalan hauling

150 Petani Unjuk Rasa Tuntut Ganti Rugi Lahan yang Tercemar

MALINAU, SERUJI.CO.ID - Lebih kurang 150 petani menutup jalan hauling (jalan tambang) PT. Bara Dinamika Muda Sukses (BDMS) dan PT. Mitrabara Adiperdana (MA) di...

KANAL WARGA TERBARU

1

Suami yang Bertanggungjawab

Suami yang Bertanggungjawab Sore itu, saya sedang nemeni anak bermain sambil baca-baca SERUJI . Terdengar suara motor memasuki halaman rumah, sesaat kemudian  seorang bapak-bapak  bicara...
20171119_103818

Empat Cara Mengenali Seseorang dari Akun Sosial Media Miliknya

1. Cara penulisan kata2 2. Cara berkomunikasi dengan orang lain (bahasa) 3. Perilaku bersosmed. Apa aja yg diupload. Membaca eksistensi dan pengakuan yg diharapkan dan diperoleh. 4....
Posyandu

Masuk 10 Besar Kabupaten, Posyandu Dewi Asih Jalani Penilaian Lomba

KLATEN, SERUJI.CO.ID - Posyandu Dewi Asih, Desa Dukuh, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, pada Rabu (25/10), menjalani penilaian lomba Posyandu tingkat Kabupaten. Tim penilai bukan hanya...