Dianggap Penting, KY Ingin Diikutsertakan Dalam Seleksi dan Promosi Hakim

KENDARI, SERUJI.CO.ID – Ketua Komisi Yudisial (KY) Aidul Fitriciada Azhari mengatakan KY perlu diikutsertakan dalam seleksi dan promosi hakim, karena proses ini membutuhkan penelusuran rekam jejak yang baik.

“Karena dalam seleksi hakim perlu diketahui rekam jejak calon hakim, baik itu hakim tingkat pertama, atau pun hakim agung,” ujar Aidul di Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Sabtu (10/3).

Aidul mengatakan hal tersebut dalam acara Temu Nasional Forum Dekan dan Ketua STIH terkait kajian hukum Rancangan Undang Undang Jabatan Hakim.

Menurut Aidul, banyak calon hakim yang memiliki kompetensi sangat baik, namun ketika ditelusuri rekam jejaknya calon tersebut terbukti tidak memiliki integritas yang tinggi.

Terkait dengan proses promosi hakim, Aidul mengatakan banyak hakim yang secara kompetensi dan struktural memiliki prestasi yang sangat baik dan pantas menerima promosi.

“Tetapi ketika dilihat rekam jejaknya hakim ini integritasnya rendah,” kata Aidul.

Aidul mengatakan pihaknya memiliki data yang cukup lengkap dan kemampuan, serta kewenangan untuk melakukan rekam jejak calon hakim atau hakim yang hendak menerima promosi.

“Maka kami berharap KY dapat diikutsertakan dalam proses ini,” kata Aidul.

Pada Agustus 2017, Mahkamah Agung bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Badan Kepegawaian Negara, menggelar rekrutmen hakim tingkat pertama melalui jalur CPNS.

Dalam proses ini MA tidak melibatkan KY, namun KY dilibatkan dalam proses pendidikan hakim terkait Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER