Dari 147 Ormas di Kota Serang, Hanya 60 Yang Terdaftar

0
250
  • 4
    Shares
Kesbangpol Banten
Suasana rakor tentang Kebijakan Pemerintah Bidang Ormas yang digelar Kesbangpol Provinsi Banten, di Aula PKP RI, Kota Serang, Selasa (28/11/2017). (Foto: Rizki A/SERUJI)

SERANG, SERUJI.CO.ID – Dari 147 Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada di Kota Serang, hanya ada 60 Ormas yang terdaftar di Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Serang. Data tersebut terhitung hingga Agustus 2017.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kesbangpol Kota Serang Maskurdi, usai giat Rapat Koordinasi Tentang Kebijakan Pemerintah Bidang Organisasi Kemasyarakatan Wilayah Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon yang diselenggarakan Kesbangpol Provinsi di Aula PKP RI, Kota Serang, Selasa (28/10).

“Ormas di Kota Serang pada khususnya harus memahami perundang-undangan dan juga peraturan Menteri Dalam Negeri No 57 tahun 2016 tentang pendaftaran ormas,” katanya.

Dengan memahami peraturan tersebut, lanjut Maskurdi, diharapkan semakin banyak ormas yang terdaftar dan menjadi mitra pemerintah.

“Ormas yang belum terdaftar agar segera mendaftar dengan melengkapi persyaratan diantaranya NPWP, keanggotaan, sekretariat dan lain-lain,” tuturnya.

Diterangkan, Maskurdi, setelah terdaftar di Kesbangpol selama tiga tahun berturut-turut, ormas tersebut oleh Kesbangpol akan didaftarkan ke Kemendagri.

“Saya kira, acara rakor ini bagus sekali, agar ormas yang ada di Provinsi ini, khususnya di kota dan kabupaten memahami peraturan perundang-undangan dan peraturan Menteri Dalam Negeri no 57 tahun 2016 tentang pendaftaran ormas,” katanya.

Sementara itu, aktivis Serikat Muda Banten (SMB) Perwakilan Kota Serang, Muhtadi mendukung apa yang dikatakan Kesbangpol Kota Serang. Menurutnya, dengan terdaftar di Kesbangpol akan memudahkan ormas dan pemerintah dalam melakukan kerja sama sebagai mitra.

“Saya kira sudah sepatutnya pemerintah dalam hal ini Kesbangpol untuk menertibkan ormas, agar ormas yang ada semakin berguna untuk masyarakat,” singkatnya. (Rizki A/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU