BPJS Ketenagakerjaan Siapkan Santuan Korban Longsor Soetta

BALI, SERUJI.CO.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menyiapkan santunan senilai Rp279 juta untuk ahli waris atas nama Dianty Dyah Ayu Putri yang meninggal akibat tanah longsor menghimpit kendaraannya di sekitar Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Senin (5/6).

Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto, usai pembukaan Seminar International on Expanding Social Security Coverage in The Disruptive Economy Era oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang PS Brodjonegoro, di Nusadua, Bali, Selasa (6/2), mengatakan pihaknya sudah memastikan bahwa yang bersangkutan adalah peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami juga sudah melakukan penelitian atas kasus kecelakaan dan mengkategorikannya sebagai kecelakaan kerja karena yang bersangkutan dalam perjalanan pulang dari tempat kerja,” ujar Agus.

Santunan akan diberikan segera setelah ahli waris siap menerimanya.

Agus menyampaikan duka mendalam kepada keluarga korban dan berharap santunan tersebut dapat meringankan beban atas berpulang almarhumah.

“Santunan bukan menggantikan atau kompensasi dari kematian tetapi meringankan dampak dari kemalangan (kematian),” ujar Agus lagi.

Sedangkan korban yang sedang dirawat akan dijamin pembiayaannya hingga sembuh.

Dia menjelaskan, petugas BPJS Ketenagakerjaan telah melakukan pendataan bahwa terjadi korban jiwa atas nama Dianty Dyah Ayu Putri dan korban luka-luka atas nama Mutmainah Samsudin.

Keduanya bekerja di GMF AeroAsia sebagai seorang analis keuangan dan terdaftar sebagai peserta. BPJS Ketenagakerjaan menanggung risiko kecelakaan kerja sesuai dengan ketentuan berlaku.

Santunan kecelakaan kerja yang berakibat pada kematian, ahli waris Dianty berhak atas santunan kematian sebesar Rp268.000.000, biaya pemakaman Rp3.000.000, santunan berkala (sekaligus) Rp4.800.000, santunan jaminan hari tua (JHT) Rp2.023.759, Jaminan Pensiun Rp1.051.351, sehingga total santunan sebesar Rp279.675.110.

Dasar perhitungan diambil dari dasar upah pekerja yang terlapor sebesar Rp5.800.000/bulan Januari 2018 Korban luka-luka atas nama Mutmainah sedang dirawat di RS Siloam, dengan risiko biaya ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan sampai sembuh dan tanpa batasan biaya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bendera dan Krisis Kepemimpinan

Menurut vexillology, bendera bukan sekedar selembar kain biasa. Jika dia berkibar bebas di angkasa, bendera menginspirasikan semangat kepemimpinan tertentu yang sublim dan sulit dibayangkan oleh mereka yang jiwanya terjangkar oleh tanah di bumi.

Jokowi, Propaganda Rusia dan Rand Corporation

Penggunaan istilah Propaganda Rusia ini menjadi masalah besar sebab dalam kapasitas apa Jokowi menyatakan hal tersebut? Apakah sebagai Presiden Republik Indonesia atau sebatas calon presiden (Capres)?

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER