BNN: Harga Narkoba di Indonesia Sangat Mahal

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Heru Winarko mengatakan Indonesia menjadi pasar peredaran narkoba karena harga narkoba di Indonesia sangat tinggi, lebih tinggi daripada harga pasaran di negara-negara lain.

“Karena harga di Indonesia luar biasa mahal, pengedar berupaya memasukkan dengan cara apa pun,” kata Heru dalam Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta, Selasa (20/3).

Karena itu, Heru mengatakan pemerintahan Presiden Jokowi fokus pada mengurangi pasokan narkoba dari luar negeri dan memotong permintaan narkoba dari dalam negeri.

Menurut Heru, narkoba adalah musuh bersama yang harus diperangi bersama. BNN mendapatkan mandat dari negara untuk mencegah dan memberantas peredaran serta penyalahgunaan narkoba bersama para pemangku kepentingan lainnya.

“Perang terhadap narkoba bukan hanya tugas BNN, tetapi tugas kita semua. Masalah narkoba ini kita seperti dipukuli terus menerus, tetapi kita hanya bertahan,” tuturnya.

Untuk pencegahan dan pemberantasan narkoba, Heru mengatakan BNN sudah menjalin kerja sama dan koordinasi dengan kementerian/lembaga lainnya, misalnya Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan dan Kepolisian RI.

“Narkoba juga sudah masuk ke desa-desa. Perlu ada dukungan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi agar masyarakat desa bisa menanggulangi narkoba,” katanya.

Sepanjang 2017, BNN telah mengungkap 46.537 kasus narkoba dan menangkap 58.365 tersangka kasus narkoba dan 34 tersangka tindak pidana pencucian uang yang bersumber dari kasus narkoba.

Dari seluruh kasus itu, barang bukti yang berhasil didapatkan BNN, Polri dan Ditjen Bea Cukai adalah 4,71 ton sabu-sabu, 151,22 ton ganja dan 2.940.748 butir ekstasi.

Forum Merdeka Barat 9 yang diadakan Selasa bertema “Pemerintah Serius Tangani Narkoba”. Selain Heru, pembicara lainnya adalah Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi dan anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan.  (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Anak Mudah Tersinggung dan Hilang Kontrol, Apa Yang Harus Dilakukan Ortu?

Anak saya pelajar, wanita, umur 15 tahun, sudah berjalan 2 bulan, berobat jalan di RJS Lawang, Malang. Tapi dia masih besar ketersinggungan, kesalah pahaman dalam menerima omongan dan perkataan orang lain.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Bantah Keterangan Polisi, BPK Tegaskan Belum Pernah Audit Dana Kemah Pemuda Islam

Ternyata BPK menyatakan belum ada permintaan audit terkait kegiatan Apel dan Kemah Pemuda Islam 2017. Bahkan, BPK pun belum pernah melakukan ekspose terkait dugaan penyimpangan dana atas kegiatan tersebut yang menjerat Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak.

dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ