Berikan Rokok pada Anak, Orangtua Terancam Pidana

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan mengatakan orang tua yang memberi anak balitanya rokok yang menyala dan mengunggah ke media sosial seharusnya dipidana.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Ahad (25/2), Tigor mengatakan, dengan tindakan itu berarti orang tua tersebut telah melanggar Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

“Undang-Undang Perlindungan Anak mengatur setiap orang dilarang dengan sengaja menempatkan, membiarkan, melibatkan, menyuruh melibatkan anak dalam penyalahgunaan, serta produksi dan distribusi alkohol dan zat adiktif lain,” kata Tigor.

Undang-Undang Kesehatan menyatakan tembakau dan produk tembakau merupakan zat adiktif.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 109 tahun 2012 tentang Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan sebagai aturan turunannya juga mengatur larangan menjual dan memberikan rokok kepada anak-anak.

Karena itu, menurut undang-undang perlindungan anak, orang tua yang memberikan rokok kepada anak dan mengunggahnya ke media sosial harus dikenai pidana penjara paling singkat dua tahun dan paling lama 10 tahun serta denda paling sedikit Rp20.000.000 dan paling banyak Rp200.000.000.

“Bila perilaku semacam ini dibiarkan, akan muncul banyak korban akibat penggunaan zat adiktif yang tidak baik dan benar. Selain itu akan menumbuhkan generasi mudah bangsa yang penyakitan pada masa depan serta melahirkan generasi dengan perilaku hidup tidak sehat,” tuturnya.

FAKTA mengecam keras tindakan orang tua tersebut karena telah melakukan tindakan yang sangat tidak bertanggungjawab dan berbahaya.

Mereka secara tahu dan mau memberikan rokok yang dari segi kesehatan sangat berbahaya bagi kesehatan sehingga dengan demikian mereka tidak bertanggung jawab terhadap kesehatan balita dan masa depan anaknya.

“Mereka secara sewenang-wenang memperlakukan balita sebagai manusia yang tidak berdaya, untuk suatu tujuan yang tidak berbobot yaitu hanya untuk sekadar berfoto-foto,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Saldo Rekening Anda Tiba-Tiba Berkurang/Bertambah? Begini Penjelasan Bank Mandiri

Sejak pagi tadi, Sabtu (20/7) beberapa nasabah Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengeluhkan saldo di rekeningnya tiba-tiba berubah. Ada yang saldonya berkurang bahkan jadi nol, ada juga yang tiba-tiba bertambah.

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.