Aturan Mendadak, Coblos Tembus Dinyatakan Sah

475

CILEGON – Lima hari menjelang hari pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) digelar di 101 daerah, KPU  mengeluarkan peraturan baru dengan Nomor 151/KPU/II/2017 tentang Penyelenggaraan Pemungutan dan Penghitungan Suara.

Pada nomor 2 dan poin b berbunyi “Apabila petugas KPPS menemukan surat suara coblos tembus secara garis lurus sehingga terdapat dua hasil pencoblosan yang simetris dari lipatan surat suara, sepanjang tidak mengenai kolom pasangan calon lain, maka suara tersebut dinyatakan sah”.

Pada pilkada, pileg, dan pilpres sebelumnya sejak 2004 digelar pemilu langsung, peraturan coblos tembus ini belum ada. Jika terdapat coblos tembus dinyatakan tidak sah. Peraturan baru ini terkesan dikeluarkan mendadak karena hanya lima hari menjelang hari H baru dikeluarkan dan waktu untuk menyosialisasikan hingga KPPS sangat pendek.

“Bapak dan ibu ketua serta anggota KPPS kami harapkan agar aktif memberi tahu kepada calon pemilih di TPS bapak/ibu nanti untuk membuka selebar-lebarnya surat atau kertas suara supaya tidak terjadi coblos tembus,” ujar Hatta,

Ketua PPK Kecamatan Gerogol, Kota Cilegon, Banten, Hatta, saat sosialisasi peraturan baru ini di Kantor Kelurahan Rawa Arum, Minggu (12/2) malam, menambahkan, sejumlah aturan baru pada hari H kepada seluruh ketua dan anggota KPPS. Panwas lapangan mewajibkan merekam video sebagai tanda bukti.

EDITOR: Rizky

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama