Aturan Mendadak, Coblos Tembus Dinyatakan Sah

CILEGON – Lima hari menjelang hari pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) digelar di 101 daerah, KPU  mengeluarkan peraturan baru dengan Nomor 151/KPU/II/2017 tentang Penyelenggaraan Pemungutan dan Penghitungan Suara.

Pada nomor 2 dan poin b berbunyi “Apabila petugas KPPS menemukan surat suara coblos tembus secara garis lurus sehingga terdapat dua hasil pencoblosan yang simetris dari lipatan surat suara, sepanjang tidak mengenai kolom pasangan calon lain, maka suara tersebut dinyatakan sah”.

Pada pilkada, pileg, dan pilpres sebelumnya sejak 2004 digelar pemilu langsung, peraturan coblos tembus ini belum ada. Jika terdapat coblos tembus dinyatakan tidak sah. Peraturan baru ini terkesan dikeluarkan mendadak karena hanya lima hari menjelang hari H baru dikeluarkan dan waktu untuk menyosialisasikan hingga KPPS sangat pendek.

“Bapak dan ibu ketua serta anggota KPPS kami harapkan agar aktif memberi tahu kepada calon pemilih di TPS bapak/ibu nanti untuk membuka selebar-lebarnya surat atau kertas suara supaya tidak terjadi coblos tembus,” ujar Hatta,

Ketua PPK Kecamatan Gerogol, Kota Cilegon, Banten, Hatta, saat sosialisasi peraturan baru ini di Kantor Kelurahan Rawa Arum, Minggu (12/2) malam, menambahkan, sejumlah aturan baru pada hari H kepada seluruh ketua dan anggota KPPS. Panwas lapangan mewajibkan merekam video sebagai tanda bukti.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Mengenal Perbedaan Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar Beserta Hal Menarik Lainnya

Salah satu suku di Indonesia yang cukup unik karena konsistensinya menjaga alam dan memegang teguh adat istiadat.