Anies: MRT Jadi Penumbuh Budaya Warga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap konsep Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas dari PT MRT Jakarta nanti bukan sekadar membangun infrastruktur melainkan juga sebagai instrumen penumbuh budaya baru warga Jakarta.

Serta sebagai ruang interaksi warga dengan latar belakang sosial, ekonomi, identitas yang berbeda.

“MRT bukan hanya alat transportasi tapi harus bisa jadi instrumen menumbuhkan kebiasaan baru di Jakarta dan Indonesia, yakni tepat waktu, dimana kita belajar kedisiplinan”, kata Anies saat peluncuran TOD Dukuh Atas di Jakarta Selatan, Kamis (29/3).

Pembangunan TOD Dukuh Atas juga memiliki peran yang penting lantaran sebagai pertemuan penduduk dari berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya, terlebih pada saat jam sibuk, dengan pergerakan orang sebanyak 47,5 juta jiwa per harinya, katanya.

Hari ini yang kita luncurkan adalah tempat dimana pertemuan antar penduduk Jakarta dan sekitarnya akan terjadi, dimana jumlahnya besar sekali maka dari itu jumlah besar ini harus dikelola, kata Anies.

Mendorong kenyamanan mobilitas masyarakat tidak berhenti pada penyediaan moda transportasi semata, tetapi membutuhkan konsep pembangunan terpadu yang dapat memberikan kemudahan akses bagi masyarakat, katanya.

Terutama penataan kawasan, arus penumpang, integrasi antar moda, hingga bangunan dan ruang publik yang tertata dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

TOD harus bisa menyambungkan antar moda, kedua harus bisa jadi tempat warga berinteraksi dan muncul kebahagiaan, sehingga design bukan sekedar keindahan tapi menentukan perilaku, kata Gubernur.

Maka dari itu, Pemprov DKI Jakarta dan PT MRT Jakarta juga mengundang seluruh pihak untuk bersama mendesain konsep TOD Dukuh Atas agar nantinya sesuai dengan kebutuhan zaman dengan melibatkan unsur lokal khas Indonesia, khususnya Jakarta.

Dalam menata dan mengelola pengembangan kawasan berorientasi transit Dukuh Atas, prinsip yang akan digunakan di antaranya pengembangan kawasan di dekat stasiun yang bersisian langsung dengan stasiun MRT akan diarahkan untuk pengembangan kepadatan tinggi, investasi yang memicu revitalisasi kawasan, dan mengoordinasi potensi pengembangan jangka panjang.

Konektifitas kawasan pejalan kaki yaitu akses dan sirkulasi yang intuitif dan langsung, kendaraan bermotor dan transit mengkoordinasi perencanaan dan perancangan infrastruktur transit.

Ruang publik kawasan yaknj plaza, taman dan streetscape, dengan prinsip seperti perbaikan trotoar, area penyeberangan pejalan kaki, akses penyandang disabilitas, peneduh, serta manajemen air hujan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Memaknai Indonesia

Potret Pengelolaan BUMN: Prinsip GCG vs Managemen “Koncoisme”

Fenomena pengelolaan BUMN dan BUMD yang tidak mengindahkan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip GCG sangat potensial membawa kerugian dan kebangkrutan terhadap perusahaan BUMN dan BUMD yang bersangkutan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER