Anies: MRT Jadi Penumbuh Budaya Warga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap konsep Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas dari PT MRT Jakarta nanti bukan sekadar membangun infrastruktur melainkan juga sebagai instrumen penumbuh budaya baru warga Jakarta.

Serta sebagai ruang interaksi warga dengan latar belakang sosial, ekonomi, identitas yang berbeda.

“MRT bukan hanya alat transportasi tapi harus bisa jadi instrumen menumbuhkan kebiasaan baru di Jakarta dan Indonesia, yakni tepat waktu, dimana kita belajar kedisiplinan”, kata Anies saat peluncuran TOD Dukuh Atas di Jakarta Selatan, Kamis (29/3).

Pembangunan TOD Dukuh Atas juga memiliki peran yang penting lantaran sebagai pertemuan penduduk dari berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya, terlebih pada saat jam sibuk, dengan pergerakan orang sebanyak 47,5 juta jiwa per harinya, katanya.

Hari ini yang kita luncurkan adalah tempat dimana pertemuan antar penduduk Jakarta dan sekitarnya akan terjadi, dimana jumlahnya besar sekali maka dari itu jumlah besar ini harus dikelola, kata Anies.

Mendorong kenyamanan mobilitas masyarakat tidak berhenti pada penyediaan moda transportasi semata, tetapi membutuhkan konsep pembangunan terpadu yang dapat memberikan kemudahan akses bagi masyarakat, katanya.

Terutama penataan kawasan, arus penumpang, integrasi antar moda, hingga bangunan dan ruang publik yang tertata dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

TOD harus bisa menyambungkan antar moda, kedua harus bisa jadi tempat warga berinteraksi dan muncul kebahagiaan, sehingga design bukan sekedar keindahan tapi menentukan perilaku, kata Gubernur.

Maka dari itu, Pemprov DKI Jakarta dan PT MRT Jakarta juga mengundang seluruh pihak untuk bersama mendesain konsep TOD Dukuh Atas agar nantinya sesuai dengan kebutuhan zaman dengan melibatkan unsur lokal khas Indonesia, khususnya Jakarta.

Dalam menata dan mengelola pengembangan kawasan berorientasi transit Dukuh Atas, prinsip yang akan digunakan di antaranya pengembangan kawasan di dekat stasiun yang bersisian langsung dengan stasiun MRT akan diarahkan untuk pengembangan kepadatan tinggi, investasi yang memicu revitalisasi kawasan, dan mengoordinasi potensi pengembangan jangka panjang.

Konektifitas kawasan pejalan kaki yaitu akses dan sirkulasi yang intuitif dan langsung, kendaraan bermotor dan transit mengkoordinasi perencanaan dan perancangan infrastruktur transit.

Ruang publik kawasan yaknj plaza, taman dan streetscape, dengan prinsip seperti perbaikan trotoar, area penyeberangan pejalan kaki, akses penyandang disabilitas, peneduh, serta manajemen air hujan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER