Anies: MRT Jadi Penumbuh Budaya Warga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap konsep Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas dari PT MRT Jakarta nanti bukan sekadar membangun infrastruktur melainkan juga sebagai instrumen penumbuh budaya baru warga Jakarta.

Serta sebagai ruang interaksi warga dengan latar belakang sosial, ekonomi, identitas yang berbeda.

“MRT bukan hanya alat transportasi tapi harus bisa jadi instrumen menumbuhkan kebiasaan baru di Jakarta dan Indonesia, yakni tepat waktu, dimana kita belajar kedisiplinan”, kata Anies saat peluncuran TOD Dukuh Atas di Jakarta Selatan, Kamis (29/3).

Pembangunan TOD Dukuh Atas juga memiliki peran yang penting lantaran sebagai pertemuan penduduk dari berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya, terlebih pada saat jam sibuk, dengan pergerakan orang sebanyak 47,5 juta jiwa per harinya, katanya.


Hari ini yang kita luncurkan adalah tempat dimana pertemuan antar penduduk Jakarta dan sekitarnya akan terjadi, dimana jumlahnya besar sekali maka dari itu jumlah besar ini harus dikelola, kata Anies.

Mendorong kenyamanan mobilitas masyarakat tidak berhenti pada penyediaan moda transportasi semata, tetapi membutuhkan konsep pembangunan terpadu yang dapat memberikan kemudahan akses bagi masyarakat, katanya.

BACA JUGA:  Pemprov Banten Optimalkan Pencegahan Stunting

Terutama penataan kawasan, arus penumpang, integrasi antar moda, hingga bangunan dan ruang publik yang tertata dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

TOD harus bisa menyambungkan antar moda, kedua harus bisa jadi tempat warga berinteraksi dan muncul kebahagiaan, sehingga design bukan sekedar keindahan tapi menentukan perilaku, kata Gubernur.

Maka dari itu, Pemprov DKI Jakarta dan PT MRT Jakarta juga mengundang seluruh pihak untuk bersama mendesain konsep TOD Dukuh Atas agar nantinya sesuai dengan kebutuhan zaman dengan melibatkan unsur lokal khas Indonesia, khususnya Jakarta.

Dalam menata dan mengelola pengembangan kawasan berorientasi transit Dukuh Atas, prinsip yang akan digunakan di antaranya pengembangan kawasan di dekat stasiun yang bersisian langsung dengan stasiun MRT akan diarahkan untuk pengembangan kepadatan tinggi, investasi yang memicu revitalisasi kawasan, dan mengoordinasi potensi pengembangan jangka panjang.

Konektifitas kawasan pejalan kaki yaitu akses dan sirkulasi yang intuitif dan langsung, kendaraan bermotor dan transit mengkoordinasi perencanaan dan perancangan infrastruktur transit.

Ruang publik kawasan yaknj plaza, taman dan streetscape, dengan prinsip seperti perbaikan trotoar, area penyeberangan pejalan kaki, akses penyandang disabilitas, peneduh, serta manajemen air hujan. (Ant/SU02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Tahukah Anda, Fleksibel itu Menyehatkan ?

Kekakuan itu ialah tanda kematian, sebaliknya, fleksibilitas atau kelenturan itu adalah kehidupan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing.

Terpilih Sebagai Ketua Kadin Surabaya, Ali Affandi: Tantangan ke Depan Sangat Komplek

Menurut putra pertama Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mattaliti ini, tantangan Surabaya kedepan sangat komplek. Terlebih JP Morgan mengatakan bahwa pada tahun 2020 akan terjadi krisis global. Untuk itu, katanya, Surabaya harus menguatkan diri dan membentengi para pengusaha agar tetap berdaya dan berjaya.

Tegaskan NasDem Tidak Minta-Minta Jatah Menteri, Paloh: Jika Diperlukan Boleh

"Kami tidak pernah minta-minta menteri, tergantung presiden saja; diperlukan NasBem boleh, tidak diperlukan juga tidak apa-apa," kata Paloh

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Kongres V PDIP: Dihadapan Pimpinan Parpol, Mega Isyaratkan Puan Harus Jadi Ketua DPR RI

Mega mengisyaratkan kursi Ketua DPR RI akan diduduki oleh putrinya yang kini menjabat Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Soal Impor Rektor, KSP: Yang Dimaksud Adalah Berkualifikasi Internasional Bukan Harus Asing

Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Yanuar Nugroho menjelaskan, wacana pemerintah tersebut sebenarnya berkaitan dengan kualifikasinya berskala internasional, bukan soal kewarganegaraannya.

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Dewan Pers Ingatkan Media untuk Terus Kawal Janji Politik Yang Dilontarkan Pada Pemilu 2019

Menjelang Pemilu 2019 media sibuk membahas tentang persoalan pemilu, namun setelah pemilu media seakan-akan diam.

Nilai Tidak Etis Parpol Pengusung Prabowo Gabung Pemerintah, Begini Kata Pakar Hukum Tata Negara

Saat Pilpres 2019 saling rebut kekuasaan, lantas saat kalah bergabung ke yang menang. Tidak Etis. Kata pakar HKTN ini.

Terbukti Langgar Kode Etik Saat Pemilu 2019, DKPP Copot Ketua KPU Sumut

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut), Yulhasni diberi peringatan keras dan dicopot dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.