Amankan Pilkades, DPMD Bentuk Panitia Pengawas

0
68
Rudi Suhartanto
Sekertaris Dinas (Sekdis) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Rudi Suhartanto, di ruang kerjanya, Senin, 20/11/2017. (Foto: Rizki/SERUJI)

SERANG, SERUJI.CO.ID – Sebanyak 34 desa di Kabupaten Serang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 November mendatang.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Rudi Suhartanto, mengatakan, untuk tertib penyelenggaraan, pihaknya telah membentuk Panwas Pilkades yang terdiri dari satu kepolisian, satu koramil, satu pihak kecamatan, dan tokoh masyarakat desa.

“Meminimalisir terjadinya kecurangan-kecurangan kita bentuk panwas di setiap desa, untuk mengantisipasi berbagai macam kemungkinan munculnya persoalan. Salah satunya dengan membentuk Panwas Pilkades,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/11).

Lanjutnya, setiap pelanggaran pada pilkades nanti baik itu money politic atau pelanggaran lainnya akan ditindak tegas oleh panwas.

“Setiap pelanggaran akan dimusyawarahkan terlebih dahulu oleh Panwas, bila ada pelanggaran menyangkut unsur pidana, maka akan langsung dilaporkan ke penyidik polri,” ungkapnya.

Saat ditanya potensi keributan yang akan terjadi pada pilkades serentak mendatang, Rudi mengatakan, saat ini pihaknya belum mendapat laporan dari kecamatan-kecamatan terkait adanya indikasi-indikasi potensi keributan.

“Tapi biasanya di H-3 dan H-2, kecamatan akan melaporkan desa mana saja yang berpotensi terjadi keributan,” pungkasnya. (Rizki/SU02)

Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama