Aksi 115 Bela Baitul Maqdis Picu Kepadatan Lalu Lintas

0
37
Suasana massa Aksi 115 di lapangan Monas dalam aksi "Selamatkan Baitul Maqdis dari Penjajahan Israel", Jumat (11/5/2018). (foto:istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Aksi bela Baitul Maqdis 11 Mei (Aksi 115) memicu kepadatan lalu lintas di jalan raya area sekitar Monumen Nasional, Jakarta, Jumat (11/5), yang menjadi pusat kegiatan unjuk rasa penolakan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Berdasarkan pantauan, kepadatan tersebut memicu arus lalu lintas ramai lancar di jalan dari dan ke area Aksi 155 seperti di jalan raya sekitar Masjid Istiqlal baik di jalur searah dan dua arah, Jalan Kebon Sirih satu arah, Medan Merdeka Timur di kedua arah.

Puluhan mobil polisi juga nampak menjaga area Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Baca juga: Aksi Bela Baitul Maqdis, Pengamanan Gabungan Jaga Balai Kota

Di ujung jalan Medan Merdeka Timur yang menjadi perpotongan dengan Medan Merdeka Selatan ditutup pagar lawat berduri dan dijaga polisi sehingga warga tidak dapat melintas jalan tersebut.

Massa terus berdatangan menuju Monas dengan sebagian besar mengenakan pakaian serba putih. Beberapa dari mereka membawa atribut bertuliskan dua kalimat syahadat dan beraneka aksesoris ikonik Palestina.

Meski Aksi 115 itu memicu penutupan jalan di Medan Merdeka Selatan, tetapi bus TransJakarta relasi Pulogadung 1 – Harmoni tetap beroperasi mengangkut penumpang yang melewati depan kantor Kedubes AS.

Aksi 115 itu merupakan unjuk rasa sebagai respons atas pemindahan ibu kota Israel ke Yerussalem yang dinilai dilakukan secara ilegal tanpa persetujuan internasional. Tindakan sepihak itu dimotori oleh Presiden AS Donald Trump yang memicu kontroversi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...