Zainul Majdi : Al-Qur’an Itu Petunjuk Dalam Hidup

MATARAM – Al-Qur’an adalah petunjuk bagi manusia. Namun demikian, tidak semua manusia menerima dan memanfaatkan Al-Qur’an sebagai petunjuk dalam kehidupannya. Bahkan, ada sebagian manusia yang menolak dan menista Al-Qur’an atas dasar kesombongan yang ada pada dirinya. Uraian tersebut disampaikan Gubernur NTB, KH M Zainul Majdi, saat mengisi kajian Tafsir Surat Al-Baqarah, di Masjid Raya Hubbul Wathan, Islamic Center, NTB, usai shalat Jum’at (07/4) siang tadi.

Alumnus Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, ini menjelaskan banyak manusia tidak mengimani Al-Qur’an bukan karena tidak faham maksudnya atau karena kebenaran yang terkandung di dalamnya, tetapi karena yang bersangkutan memiliki bibit kesombongan yang terus dipelihara.

“Orang-orang orientalis, atau ateis misalnya, mereka bukannya tidak faham dengan Al-Qur’an. Mereka sangat faham, bahkan mungkin mereka lebih menguasai ilmu tata bahasa Al-Qur’an dibandingkan kebanyakan dari kita,” kata Gubernur.

Gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang ini lebih lanjut menjelaskan bahwa kesombongan bisa saja muncul dari hal-hal yang sederhana, karena dibiarkan dan dipelihara lambat laun menimbulkan kerusakan yang luar biasa.

“Apalagi jika kesombongan itu bercampur dengan keilmuan dan kekuasaan. Yang bersangkutan akan sangat mudah merendahkan harkat dan martabat orang lain, karena merasa lebih faham dan lebih mulia kedudukannya dari orang yang direndahkannya,” tegas Gubernur yang Hafizh Qur’an ini.

“Seseorang yang menjadikan Al-Qur’an sebagai petunjuk hidup, maka akan terpelihara tutur katanya, akan terjaga perilakunya, tidak merasa diri paling hebat dan paling suci,” jelasnya.

Diakhir acara Zainul Majdi mengajak seribuan jama’ah yang hadir untuk tetap rendah hati, tidak mudah menyalahkan orang lain yang berbeda faham dengan dirinya dan lebih mengutamakan persaudaraan.

 

EDITOR: Harun S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.