Terkait Pertemuan IMF, BI Proyeksikan Beri Laba Rp5,7 Triliun


NUSA DUA, SERUJI.CO.ID – Bank Indonesia memproyeksikan keuntungan ekonomi yang didapatkan menjelang pelaksanaan Sidang Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Bali senilai Rp5,7 triliun.

“Dari sisi variabel pertumbuhan seperti konsumsi, investasi dan eksternalnya semua akan bergerak dan dari sisi lapangan usaha sebagian besar bergerak lebih bagus,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Jumat (2/3).

Menurut Causa, pihaknya telah menghitung dampak ekonomi yang akan ditimbulkan baik menjelang dan selama pelaksanaan perhelatan akbar itu pada 8-14 Oktober 2018.

Pria yang akrab disapa CIK itu merinci dari sisi akomodasi, total pengeluaran yang dikeluarkan oleh sekitar 15 ribu delegasi termasuk apabila membawa keluarga pada kegiatan inti selama lima hari diperkirakan mencapai Rp666 miliar.

Selain itu akomodasi perjalanan udara sekitar Rp36 miliar, sewa kendaraan Rp38 miliar, paket makan minum dan hiburan mencapai Rp146 miliar serta penyelenggaraan panitia mencapai sekitar Rp1 trilun.

CIK juga menghitung investasi jangka panjang untuk pembangunan infrastruktur menyambut pertemuan itu yakni pengembangan apron atau parkir pesawat udara di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencapai Rp1,34 triliun.

Selain itu pengerjaan “underpass” atau jalan bawah tanah sebesar Rp289 miliar, penyelesaian patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) sekitar Rp450 miliar dan pengembangan pelabuhan pariwisata di Benoa mencapai sekitar Rp1,7 triliun.

Khusus pengerjaan proyek infrastruktur tersebut, lanjut CIK, ditargetkan rampung sebelum Oktober 2018.

Dengan perputaran ekonomi yang besar itu, CIK optimistis pertumbuhan ekonomi di Bali akan tumbuh kisaran 6,0 hingga 6,4 persen.

Proyeksi itu sekaligus diharapkan memperbaiki pertumbuhan ekonomi Pulau Dewata triwulan IV tahun 2017 yang sempat melemah mencapai 4,01 persen karena terdampak aktivitas Gunung Agung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Masa Bakti Dewan Pendidikan 2014-2019 Berakhir, Pemkot Surabaya Buka Rekrutmen

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Supomo mengatakan bahwa proses rekrutmen akan dimulai dengan pendafatran yang dilakukan secara daring (online) mulai hari ini, Selasa (18/2) hingga Jumat (28/2) mendatang.

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Ternyata Menteri Agama Berasal dari Ormas Islam Yang Sama dengan Ustadz Tengku Zulkarnain

Fachrul Razi tercatat sebagai anggota Majelis Amanah Pusat PB Math'laul Anwar sejak 2018 berdasarkan Surat Keputusan nomor A.166/KPTS/PBMA/V/2018 yang ditandatangani Ketua Umum PB MA, Ahmad Sadeli Karim dan Sekjen Oke Setiadi
close